KPU Butur Mulai Menempel DCS di Tempat Umum, Tunggu Tanggapan Publik

707
 

Buranga, Inilahsultra.com-Usai menetapkan daftar calon sementara (DCS) anggota DPRD Buton Utara (Butur) yang bakal bertarung pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Butur mulai mengumumkan daftar nama-nama Bacaleg dari 14 Parpol tersebut.

Selain mengumumkan melalui media cetak maupun online, pihak KPU yang dibantu dengan PPK melakukan penempelan DCS di tempat umum.

- Advertisement -

Seperti daerah pemilihan (Dapil) III, DCS ditempel di Kantor Kelurahan Lipu, di Pasar Minaminanga dan kantor KPU Butur sendiri.

“Jadi DCS mulai hari ini diumumkan dengan menempel di tempat-tempat umum. Baru ada 3 titik kita lakukan penempelan, di Kantor Kelurahan Lipu, Kantor KPU, dan di Pasar Minaminanga ini,” kata ketua PPK Kecamatan Kulisusu, Ashar saat ditemui saat melakukan penempelan DCS di Pasar Minaminanga, Senin, 13 Agustus 2018.

Tujuan dilakukannya pengumuman tersebut, untuk menerima tanggapan dari masyarakat atau publik terkait DCS yang telah ditetapkan. Tahapan penerimaan tanggapan itu dimulai dari tanggal 12 sampai 21 Agustus ini.

“Kita tempel di sini (Pasar Minaminanga) agar masyarakat bisa melihat nama-nama calon sementara anggota DPRD Butur. Masyarakat bisa menyampaikan tanggapannya atas penetapan DCS ini,” ujarnya.

Tampak masyarakat antusias mengecek nama-nama DCS anggota DPRD Butur yang ditempel di Pasar Minaminanga, Senin, 13 Agustus 2018.

Pantauan awak media ini, masyarakat yang berada di sekitar tempat ditempelnya DCS tampak antusias mengecek nama-nama calon. “Mana calon-calon Gerindra,” tanya salah seorang pria kepada petugas KPU.

Setelah tahapan penerimaan tanggapan, KPU akan memasuki masa klarifikasi jika terdapat tanggapan dari masyarakat untuk salah satu Bacaleg. Dari tanggal 22 Agustus sampai 20 September masa klarifikasi. Usai itu baru penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) pada tanggal 20 September.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPU Butur telah melakukan rapat pleno penetapan DCS anggota DPRD setempat, Minggu, 12 Agustus 2018, kemarin. Rapat itu ikut dihadiri masing-masing perwakilan Parpol, dan anggota Panwaslu Butur.

Dimana, DCS anggota DPRD Butur ditetapkan sebanyak 178 memenuhi syarat (MS) dari 211 calon yang mendaftar. Dengan demikian, sebanyak 33 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), karena tidak melengkapi berkas saat verifikasi.

Adapun Bacaleg TMS itu yakni dari Partai Perindo, dimana pada saat pendaftaran mengajukan 20 orang, di DCS tersisa 5 orang MS atau sebanyak 15 TMS. Selanjutnya, Partai Nasdem pendaftaran mengajukan 19 orang, yang tersisa di DCS 18 orang, TMS 1 orang.

Kemudian, PBB sebelumnya mengajukan 12 orang, di DCS sisa 11 dengan TMS 1 orang. PKPI mengajukan 7 orang saat di DCS sisa 5 dengan TMS 2 orang. Partai Berkarya mengajukan 7 orang tersisa, semuanya dicoret karena tidak melakukan perbaikan berkas alias DCS kosong.

Berikutnya, PKS saat pengajuan sebanyak 20 orang, setelah di DCS tersisa 18 orang atau TMS sebanyak 2 orang. Terakhir, PAN saat pengajuan sebanyak 18 orang, saat DCS tersisa 13 orang, atau TMS sebanyak 5 orang.

Editor : Aso
 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...