KPU Sultra Serahkan Hasil Pleno Penetapan Gubernur Terpilih ke DPRD

245
 

Kendari, Inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra menyerahkan surat keputusan (SK) penetapan gubernur dan wakil gubernur Sultra terpilih, Selasa 14 Agustus 2018.

Penyerahan SK ini dipimpin langsung oleh Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Moethalib yang didampingi oleh Komisioner lainnya, Ade Suerani, Nato Alhaq, Sekretaris KPU Sultra Safruddin, Kabag Teknis Asri dan Kasubag Hukum Taufik.

- Advertisement -

Kehadiran KPU ini diterima oleh Wakil Ketua DPRD Sultra Amiruddin Nurdin dan pimpinan lainnya Jumardin serta Sekretaris DPRD Sultra Robert Piter Raru.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Moethalib mengaku, ada tiga dokumen keputusan yang diserahkan ke DPRD Sultra. Yakni, keputusan KPU Sultra tentang penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sultra terpilih, surat keputusan rekapitulasi hasil perolehan suara pasangan calon serta keputusan Mahkamah Konstitusi bahwa pilkada Sultra sudah tak ada sengketa lagi.

“Ini merupakan bagian dari rangkaian semalam. Hasilnya kita serahkan ke DPRD Sultra,” ungkap Natsir.

Dengan diserahkannya seluruh hasil keputusan itu, maka tugas KPU Sultra sudah berakhir. Sekarang, yang melanjutkan proses peresmian dan pengangkatan gubernur dan wakil gubernur Sultra terpilih adalah kewenangan DPRD.

“Pihak dewan yang akan proses lebih lanjut untuk kebutuhan peresmian dan pengangkatan.Tugas kami sudah selesai,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Sultra Robert Piter Raru mengaku, berdasarkan surat edaran Mendagri, lima hari sejak menerima SK dari KPU, DPRD Sultra sudah harus menggelar rapat paripurna istimewa pengumuman gubernur dan wakil gubernur terpilih.

Rencananya, besok, dewan akan menggelar rapat badan musyawarah untuk menentukan jadwak paripurna istimewa.

Bila tak ada aral melintang, Robert menyebut, paripurna akan digelar pada Kamis 16 Agustus 2018 pagi, atau sebelum rapat paripurna mendengarkan pidato kenegeraan HUT RI ke-73.

“Aturan sekarang, salah satu syarat untuk diajukan ke Presiden maka harus diparipurnakan dulu dan diumumkan hasil penetapan KPU itu,” katanya.

Dalam paripurna istimewa nanti, akan dihasilkan berita acara dan menjadi bagian dokumen penting pelantikan yang akan dibawa ke Presiden melalui Mendagri.

“Kita akan koordinasi dengan Biro Pemerintahan dulu lalu diusulkan ke Presiden melalui Mendagri,” pungkasnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...