Tim Penilai Desa Tingkat Nasional Kunjungi Desa Lalibo Buteng

252
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Tim penilai lomba desa tingkat nasional mengunjungi Desa Lalibo Kecamatan Mawasangka Tengah Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Selasa 14 Agustus 2018. Desa ini terpilih mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam lomba desa tingkat nasional.

Ketua Tim Penilai Rahayu Ningsih mengatakan, indikator penilaian desa mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Desa dan Kelurahan serta perlombaan desa dan kelurahan.

- Advertisement -

“Indikator tersebut terbagi tiga variabel utama, yakni di bidang pemerintahan, kewilayahan dan bidang kemasyarakatan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk aspek bidang pemerintahan meliputi kependudukan, administrasi pemerintah desa (Pemdes), keamanan dan ketertiban, tata kelola keuangan, pendidikan, kesehatan, inovasi dalam mengembangkan potensi desanya.

Kasubdit Evaluasi dan Perkembangan Desa dan Kelurahan Wilayah III Kemendagri ini menjelaskan, aspek kewilayahan, diantaranya peran serta masyarakat dalam pembagunan di desa dan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) dalam meningkatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBdes).

Sementara, Bupati Buteng H Samahuddin sangat mengapresiasi Desa Lalibo yang telah menang dalam lomba tingkat provinsi. Kali ini Desa Lalibo dapat mewakili Sultra untuk lomba desa tingkat nasional.

Samahuddin mengatakan, semangat masyarakat untuk membangun daerah sangat besar sehingga membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah pusat. Sehingga pembangunan di desa lebih maju lagi.

“Kiranya desa Lalibo bisa mendapatkan perhatian khusus dari tim penilai sehingga menjadi spirit masyarakat untuk membangun daerah khususnya desa bagian Indonesia timur,” singkatnya.

Reporter: LM Arianto
Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...