Wabup Muna Barat Panen Raya 234 Ton Padi di Tiworo Selatan

521
 

Laworo, Inilahsultra.com – Wakil Bupati Muna Barat (Mubar) Achmad Lamani menggelar panen raya padi sawah di Desa Kasimpa Jaya, Kecamatan Tiworo Selatan, Kabupaten Muna Barat, Selasa 14 Agustus 2018.

Dari total sawah seluas 52 hektare, produktifitas padi perhektarenya sebanyak 4,5 ton. Bila dikalkulasi, total padi yang dipanen kurang lebih 234 ton.

- Advertisement -

Menghadiri panen raya ini, Wabup bersama rombonganya tiba di lokasi sekira pukul 10.00 WITA dan kedatangan mereka langsung disambut meriah oleh Camat Tiworo Selatan, petani, penyuluh dan tokoh masyarakat setempat.

Wakil Bupati Muna Barat Achmad Lamani mengatakan, produktifitas panen ini dapat tercapai berkat kerja sama yang baik antara kelompok masyarakat Desa Kasimpa Jaya dengan Pemda Mubar, khususnya melalui pendampingan dan bantuan bibit unggul serta pengolahan lahan persawahan dengan menggunakan alat traktor tangan.

Menurutnya, panen tahun ini hasilnya sangat signifikan hingga mencapai produksi rata-rata 4,5 ton per-hektare.

“Kabupaten Mubar memiliki wilayah sawah yang cukup luas. Jadi sangat memungkinkan dapat menghasilkan jumlah beras yang banyak. Sehingga tidak lagi melakukan pemasokan beras dari Makassar,” kata Achmad Lamani Selasa, 14 agustus 2018

Untuk meningkatkan produktifitas padi, ia meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Pertanian bekerja maksimal untuk membangun irigasi di daerah persawahan, serta membangun bendungan agar para petani tidak kekurangan air.

Dalam kesempatan itu juga, ia memuji Bupati Mubar LM Rajiun Tumada yang mendapatkan dua kali penghargaan opini pengelolaan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK RI.

“Sebagai kabupaten mininya Indonesia yang memiliki beragam kultur, agama, suku dan etnis, Mubar tetap dalam kondisi aman dan kondusif. Untuk itu mari kita tetap pertahankan situasi itu,” ajaknya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Mubar Alibadin mengatakan, hasil panen produksi di Mubar sesuai data BPS sebesar 4,5 ton per-hektare.

Dalam mendukung produksi inj, pihaknya telah memberikan bantuan dua dektraktor di Kecamatan Tiworo Selatan.

Ia menyebut, syarat utama dalam pencetakan sawah itu harus ada saluran air, tanahnya tidak bermasalah, serta masyarakat adalah petani sawah.

“Kami bekerjasama dengan TNI melakukan pencetakan sawah di seluruh wilayah Mubar agar para petani tinggal melakukan penanaman padi,” tutupnya.

Penulis : Muh Nur Alim
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...