Pemda Kolaka Tetap Usul Rekrutmen CPNS Meski Jumlah Pegawai Sudah Berlebihan

646
 

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten Kolaka mengusulkan sekitar 500-an kuota seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 ke Kementerian Pendayagunaan, Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Padahal, harusnya kota penghasil komoditas coklat itu mulai menghentikan program penambahan pegawai baru. Sebab, rasio belanja pegawai masih begitu besar dalam struktur APBD Pemda Kolaka.

- Advertisement -

Dibanding belanja publik, pengeluaran untuk keperluan menggaji pegawai di Kabupaten Kolaka terbilang begitu tinggi. Hal itu diakui Sekda Kabupaten Kolaka, Poitu Murtopo saat diwawancarai Inilahsultra.com, Minggu 19 Agustus 2018.

“Memang harusnya kita merampingkan karena belanja pegawai kita tinggi sekali,” kata Poitu.

Namun, ada pertimbangan Pemda Kolaka hingga kembali membuka peluang penerimaan ASN.

Kata dia, meski ASN Pemda Kolaka sudah memadai ada beberapa formasi tenaga tertentu yang jumlahnya kurang dan wajib dilakukan penambahan.

Tenaga dimaksud adalah guru, kesehatan, akuntan dan programmer.

“Yang kita butuhkan guru, tenaga kesehatan, yang punya kemampuan akuntansi dan programmer. Pengajuam formasi sekarang itu mesti berbasis kebutuhan. Guru kesehatan sudah pasti butuh banyak. Karena sekarang berbasis IT kita butuh programmer,” jelas Poitu.

Saat ini, lanjut mantan Karo Umum Pemprov Sultra itu, pihaknya masih menunggu berapa besaran kuota yang disetujui pemerintah pusat.

Sejalan dengan itu, lanjut Poitu, jumlah ASN Pemkab Kolaka mengalami penurunan seiring migrasi aparat karena pemekaran kabupaten dan banyaknya pegawai lama yang memasuki masa pensiun. Pasca DOB Kolaka Timur terbentuk, jumlah pegawai induk kabupaten tersebut saat ini berkisar 5.483 orang.

“Yang pindah ke Koltim antara 1.800 dan 2000-an pegawai. Yang pensiun tidak begitu banyak tapi setiap tahun selalu ada. Ini tidak begitu mempengaruhi kinerja. Yang dikhawatirkan dan mesti dipenuhi itu adalah formasi-formasi yang kami usul untuk rekrutmen di atas,” pungkas Poitu.

Penulis : Siti Marlina
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...