Pemkot Kendari Siapkan 400 Ekor Sapi Kurban

287
 

Kendari, Inilahsultra.com – Menjelang Hari Raya Iduladha yang jatuh pada 22 Agustus 2018 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mendata kurang lebih 400 ekor sapi untuk dikurbankan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra) Kota Kendari Abdul Rauf mengatakan, ratusan sapi kurban yang masuk di Pemkot Kendari menunjukkan kepedulian dan antusias dari masyarakat untuk berkurban semakin tinggi.

- Advertisement -

Selain dari sumbangsih dari masyarakat, ada juga kepedulian dari para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)

“Data yang kami terima itu, untuk saat ini yang masuk kurang lebih 400 ekor sapi baik dari masyarakat maupun dari kepala SKPD Pemkot Kendari,” katanya.

Lanjut Abdul Rauf, dirinya memprediksi akan ada tambahan sapi kurban yang masuk, pasalnya masih ada sejumlah SKPD yang belum berkontribusi untuk berkurban.

“Kalau semua SKPD berkurban, kita prediksi jumlah ini akan bertambah, sesuai data tahun lalu baik dari masyarakat maupun SKPD kurang lebih 500 ekor sapi kurban,” jelasnya.

“Kita harap tahun ini bisa mencapai atau melebihi angka 500 ekor sapi,” tambahnya.

Kemudian untuk tempat penyembelian hewan, kata Abdul Rauf, ada 100 tempat atau titik untuk pemotongan hewan kurban dan dipercayakan kepada lingkungan masing-masing dan kelompok yang melakukan kurban.

“Kita harap yang melakukan atau melaksanakan kurban pemberiannya benar-benar tepat sasaran kepada orang-orang yang menerima dan janganlah terpusat satu tempat pemotongan hewan maupun pembagiannya,” harapnya.

Untuk pemberian hewan kurban, sambung dia, panitia kurban lebih dulu melakukan survei di masyarakat. Pemkot tidak memaksakan pihak yang berkurban memberikan ke siapa.

“Yang mensurvei panitia, sementara kami hanya memfasilitasi. Kami tidak bisa memaksakan, terserah mereka sama siapa dia mau salurkan,” jelasnya.

Saat ini, kata dia, yang berkurban sementara mendata nama-nama yang akan menerima kurban

“Kami komunikasikan untuk menggunakan kupon pada saat pembagian daging kurban,” tutupnya.

Penulis : Haerun
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...