Tina Nur Alam Ajak Warga Jadi Konsumen Cerdas

337
 

Bupati Buton La Bakry dan anggota Komisi IX DPR RI Tina Nur Alam saat sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi Informasi Edukasi Obat dan Makanan di aula Wakaka Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton, Senin 20 Agustus 2018.


Pasarwajo, Inilahsultra.com – Anggota Komisi IX DPR RI Tina Nur Alam meminta seluruh warga menjadi pembeli yang cerdas ketika berbelanja untuk keperluan hidup. Pasalnya, banyak produk palsu yang beredar di pasaran saat ini.

- Advertisement -

“Pakan yang aman dan legal sangat dibutuhkan masyarakat. Kami sebagai mitra dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Tenaga Kerja, BKKBN, dan BPJS tentu inginkan semua warga sehat,” kata Tina Nur Alam dalam sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi Informasi Edukasi Obat dan Makanan di aula Wakaka Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton, Senin 20 Agustus 2018.

Kata dia, saat ini banyak produsen nakal menjual barang kedaluwarsa yang didaur ulang. Contohnya seperti barang jenis kosmetik dan makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Sementara, Kepala Balai POM Kendari Leonard Duma mengatakan, selalu mengadakan pengawasan pada makanan yang beredar dipasaran. Salah satunya dengan mengadakan inspeksi mendadak (Sidak).

Pelaksanaan pengawasan, kata dia, ada tiga pilar pengawasan yang dilakukan kepada pelaku usaha. Yakni harus mampu menerapkan cara produksi yang baik agar senantiasa memenuhi standar keamanan, pengawasna dari pemerintah dan
pengawasan masyarakat.

Untuk para konsumen, jelasnya, harus Jadi konsumen yang cerdas dengan melakukan cek dan ricek kemasan, label, izin dan kedaluwarsa.

Leonard menambahkan, warga harus menggunakan kosmetik yang tidak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri. Pembelian biasanya dilakukan dengan cara online.

“Bahan kimia molekul sangat kecil akan sangat bahaya. Utamanya bagi bayi akan lahir autis hanya karena ibunya ingin cantik,” terangnya.

Bupati Buton La Bakry mengingatkan, warga harus berhati-hati dalam memilih makanan dan obat-obatan.

“Diera yang serba canggih kadang kita lalai memperhatikan. Mau cantik tapi lupa jika ada merkurinya,” katanya.

Menurut dia, pemerintah daerah selalu melakukan sidak makanan kedaluwarsa agar warga terhindar dari bahan makanan dan juga kosmetik berbahaya.

“Jangan beli jajanan yang murah meriah tapi malah berdampak tidak baik bagi kesehatan,” jelasnya.

Reporter: Waode Yeni Wahdania
[19:15, 20/8/2018] Udin.inilahsultra: Keterangan gambar ; Bupati Buton La Bakry saat membuka kegiatan Gebyar PAUD di Kompleks Perkantoran Bupati Buton di Takawa, Senin 20 Agustus 2018.
[19:16, 20/8/2018] Udin.inilahsultra: Gebyar PAUD Merupakan Ajang Pembentukan Karakter Anak

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Ratusan anak Taman Kanak-kanak (TK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan kelompok bermain mengikuti lomba Gebyar PAUD dalam rangkaian HUT RI ke 73 dan Hari Anak Nasional yang dipusatkan di kompleks Perkantoran Bupati Buton di Takawa, Senin 20 Agustus 2018.

Bupati Buton La Bakry mengatakan, semua orang tua tetap menjaga kebersamaan dan persatuan dalam mendidik anak dan mengantarkan anak sebagai harapan keluarga, daerah dan bangsa.

Kata dia, pendidikan usia dini merupakan masa emas yang menjadi dasar bagi tumbuh kembang seseorang di masa dewasa. Anak yang pada usia dini mendapat rangsangan cukup dalam mengembangkan kedua belah otaknya akan memperoleh kesiapan yang menyeluruh untuk belajar sukses pada saat memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.

Kata La Bakry, anak-anak harus mendapatkan segalanya yang terbaik, termasuk sentuhan kasih sayang yang penuh dari kedua orang tua. Sehingga kelak anak memiliki hati dan karakter yang sempurna.

“Termasuk yang didengar dan dilihat anak harus semuanya baik. Sebab, ilmu itu juga masuk melalui mata dan telinga,” kata La Bakry.

Ia mengingatkan, orang tua harus selalu memberikan kasih sayang kepada anak- anaknya. Pasalnya, itu sangat penting dan dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

Kepala Bidang PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Buton Nanang Langkaungge mengatakan, ada 113 PAUD, TK dan Kelompok Bermain yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Kata dia, gebyar PAUD merupakan kegiatan untuk mengasah mental, kemampuan dan sebagai ajang bersosialisasi anak usia dini.

Reporter: Waode Yeni Wahdania

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...