Komisi I DPRD Sultra Tolak Sekda Impor

621
 

Kendari, Inilahsultra.com – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra Suwandi Andi menolak hadirnya Sekretaris Daerah (Sekda) impor.

Sekda impor yang dimaksud Suwandi adalah pejabat eselon dari luar Sultra atau pejabat asal Sultra tapi berkarir di daerah lain. Misal, di kementerian.

- Advertisement -

Suwandi menyebut, Isma yang kini menjabat Plt Sekda, sudah seharusnya diganti.

“Sudah dua kali dilantik sebagai Plt. Tentunya pemda harus siapkan segala sesuatu terkait seleksi,” katanya, Senin 20 Agustus 2018.

Menurutnya, gubernur terpilih tentu memiliki kepentingan untuk kepentingan sekda dalam mendukung perjalanan pemerintahannya.

Namun demikian, dalam seleksi nanti, harus ada mekanisme yang dilalui. Ia juga berharap, sekda yang lahir nanti merupakan putra putri terbaik daerah.

“Kita banyak yang punya potensi. Sekda ini kan sebagai top leader, sehingga syaratnya harus jelas. Harus bisa mengayomi pegawai yang menjadi ASN yang tangguh, disiplin serta melayani publik,” bebernya.

Menurut dia, banyak pejabat di Sultra yang memiliki potensi naik di sekda. Sehingga, tidak perlu mengadopsi pejabat yang telah bertugas di kementerian.

“Impor ditiadakan, dikesampingkan lah. Jangan sampai distribusi dari Mendagri. Kita punya kader cukup banyak, dari tingkat dua dan provinsi ada. Kalau ada pejabat eselon dari kementerian, itu disayangkan,” bebernya.

Ia mengaku, pejabat di kementerian yang berasal dari Sultra, tidak perlu lagi turun ke daerah. Sebab, mereka sudah memiliki jabatan strategi di pusat.

“Kalau saya disuruh memilih, saya memilih kader di sini. Kita harus lebih utamakan orang dekat di daerah. Pasti mereka mengetahui kondisi di daerah,” tuturnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...