Tak Pasang Pengumuman, Sejumlah Proyek di Butur Diduga ‘Siluman’

727
 

Buranga, Inilahsultra.com – Ikatan Pemuda Pembaharu (IP2) Buton Utara (Butur) mensinyalir ada sejumlah proyek di Kabupaten Butur yang diduga ‘siluman’. Pasalnya, beberapa proyek tak memasang papan pengumuman.

Ketua IP2 Butur Kasno Awal Doi menyebutkan, beberapa proyek drainase di Kecamatan Kulisusu Utara tidak memasang papan proyek. Makanya, dia menilai, ada yang janggal dalam proses pengerjaan proyek tersebut.

- Advertisement -

“Tidak pasang papan proyek. Makanya saya menduga itu proyek ‘siluman’ dan tidak memiliki anggaran,” ungkap Kasno kepada Inilahsultra.com, Jumat 24 Agustus 2018.

Menurut dia, kontraktor yang berani mengerjakan proyek tersebut diduga karena mendapat persetujuan dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Butur. Pasalnya, kontraktor tidak akan berani mengerjakan proyek jika tidak dibayar.

“Bisa saja modusnya sekarang belum dibayar. Tapi tahun anggaran berikutnya akan dibayar. Tidak mugkin lah kontraktor kerjakan kalau tidak ada anggaran dan tidak ada jaminan dari instansi terkait,” tandasnya.

Kasno mewanti-wanti agar Dinas PU Butur tidak main-main dengan anggaran. Pasalnya, anggaran tersebut merupakan uang rakyat yang harus digunakan untuk kepentingan rakyat juga.

“Kasian kalau uang rakyat digunakan untuk proyek yang tidak bermanfaat,” tandasnya.

Menurut Kasno, banyak hal yang perlu dilakukan Dinas PU jika ingin serius terhadap keluhan masyarakat saat ini. Salah satunya adalah jalan Poros Waode Buri-Labuan yang saat ini rusak parah.

“Ini (jalan) harusnya prioritas. Bukan drainase yang tidak bermanfaat,” cetusnya.

Kepala Dinas PU Butur Wawan Wardaya dikonfirmasi membantah adanya proyek yang dikerjakan tanpa memiliki anggaran.

“Yang jelas proyek drainase semua ada anggarannya,” ujarnya saat dikonfirmasi di kantornya, Jumat 24 Agustus 2018.

Wawan mengaku akan melarang jika ada yang mengerjakan pembangunan drainase tanpa memiliki anggaran.

“Siapa yang mau bayar,” singkatnyan

Bukan hanya itu, Wawan juga membantah jika sejumlah proyek drainase tidak memasang papan proyek. Pasalnya, hal itu wajib dilakukan.

“Semua proyek juga memasang papan proyek,” tandasnya.

Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...