10 Jam, 17 Rumah di Baubau Terbakar

1043
 

Baubau, Inilahsultra.com – Amukan si Jago Merah memang tidak mengenal waktu dan tempat. Di Baubau, 17 rumah terbakar dalam waktu 10 jam di dua lokasi berbeda, Selasa 28 Agustus 2018.

Diantaranya, sekira pukul 02.00 wita Selasa dini hari tadi, 16 rumah semi permanen di Kelurahan Lamangga Kecamatan Murhum ludes terbakar. Rumah berdikari tersebut ditinggali sejumlah siswa dan mahasiswa asal Buton Selatan (Busel).

- Advertisement -

Kerasnya tiupan angin dan dekatnya jarak antar rumah membuat api dengan leluasa mengamuk dan melululantahkan bangunan yang terbuat dari kayu itu hingga nyaris rata dengan tanah dan hanya menyisakan puing-puing.

“Dugaan sementara akibat korslet listrik atau arus pendek listrik,” tutur Lurah Lamangga, Muh Alim Basri Afi di lokasi kejadian.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya saja, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Api berhasil dipadamkan sekira pukul 03.30 Wita oleh pemadam kebakaran setelah menurunkan 4 unit mobil pemadam.

Beberapa jam kemudian, masih di Kecamatan yang sama di Kelurahan lain yakni Kelurahan Melai (Keraton), tepatnya pukul 12.00 wita, sebuah rumah semi permanen dua lantai juga terbakar. Beruntung yang ludes terbakar hanya lantai dua saja karena dindingnya terbuat dari papan.

Pemilik rumah diketahui bernama Muksin alias Ausi. Namun saat kejadian, Ausi tengah berada di Sorong Papua menikahkan anaknya. Ausi diketahui meninggalkan rumah sekira dua minggu yang lalu.

“Ausi sangat kaget waktu saya telepon kalau rumahnya terbakar,” ungkap Asadi adik Ausi.

Kapolsek Murhum, Iptu Dessy Simon mengatakan, dugaan sementara api berasal dari arus pendek listrik. Kendati begitu, pihaknya terus menyelidiki lebih lanjut penyebab kebakaran tersebut.

“Dugaan sementara arus pendek listrik. Tidak ada korban jiwa, dan kerugiannya mencapai ratusan juta,” tandas perwira dua balak itu di TKP.

Saat ini, rumah Ausi sudah dipasangi garis polisi (Police Line) untuk proses olah TKP dan penyelidikan lebih lanjut.

Api berhasil dipadamkan sekira pukul 12.45 wita oleh pemadam kebakaran bersama dengan warga sekitar.

Reporter: Muhammad Yasir dan LM Arianto
Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...