Banyak Pejabat Tak Hadir, Rapat Pembahasan APBD-P Sultra 2018 Ditunda

396
 

Kendari, Inilahsultra.com – Rapat pembahasan anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) Sultra 2018 terpaksa ditunda karena banyak pejabat yang tak hadir.

Rapat pembahasan APBD-P 2018 yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sultra Nursalam Lada sejatinya dihadiri oleh kepala dinas.

- Advertisement -

Namun, hingga siang, hanya Plt Kepala Bappeda Sultra Rony Yakob Laute yang hadir.

Berdasarkan informasi, para pejabat Pemprov Sultra lebih memilih mengikuti peresmian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Konawe yang kebetulan dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Dengan ketidakhadiran sejumlah kepala dinas ini, anggota dewan beberapa kali mengajukan interupsi agar rapat ditunda minggu depan.

Interupsi itu salah satunya datang dari Ketua Komisi IV Yaudu Salam Ajo. Menurutnya, selain karena SKPD tidak hadir, dokumen APBD-P ini baru diterima dewan.

“Kita baru menerima dokumen itu, beberapa jam sebelum rapat. Dokumen baru saja diterima pagi ini belum kami baca-baca juga. Kami akan pelajari dulu ini dokumennya,” ujarnya.

Menurut dia, kehadiran para SKPD sangat penting agar dalam pembahasan APBD-P 2018 ini bisa terkofirmasi hal yang belum jelas pengajuannya.

Sikap yang sama diambil oleh Wakil Ketua DPRD Sultra Nursalam Lada. Menurutnya, penundaan ini jangan disalahtafsirkan. Ini semata-mata hanya untuk mempelajari poin usulan TAPD dalam dokumen APBD-P 2018.

“Bukan tidak sepakat menunda pembahasan ini, tapi karena dokumen baru kita lihat hari ini. Beri kami waktu untuk membaca. Kurang elok, kita mau bahas tapi orangnya (SKPD) tidak ada,” bebernya.

Sementara itu, Plt Kepala Bappeda Sultra Rony Yakob Laute menyebut, tidak ada masalah jika rapat pembahasan APBD-P 2018 ditunda.

Meski ada implikasi ke depan, dewan sudah pasti telah memperhitungkan.

“Mereka memiliki makna dan situasi politik yang sudah diperhitungkan. Memang, tidak serta merta bahan yang kita setor langsung dipelajari,” pungkasnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...