Kelompok Ternak Desa Lelamo Butur Panen Perdana Ratusan Telur Ayam Ras

1207
 

Buranga, Inilahsultra.com-Kelompok ternak Desa Lelamo, Kecamatan Kulisusu Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur), Jum’at, 31 Agustus 2018 melakukan panen perdana ayam ras petelur.

Kelompok ternak binaan Dinas Pertanian (Distan) Butur itu berhasil memanen ratusan butir telur.

- Advertisement -

Kepala Distan Butur, Muh Yusuf saat ditemui usai panen perdana mengatakan, kedepannya akan berusaha menambahkan jumlah bantuan ayam ras petelur di Desa Lelamo. Sehingga menjadi desa swasembada ayam ras petelur di Butur.

“Program budidaya ayam ras petelur membuahkan hasil, dalam sehari bisa menghasilkan ratusan butir telur untuk menyuplai kebutuhan masyarakat. Kami sangat mengapresiasi kelompok yang sukses berternak ini,” katanya.

Dibeberkannya, jumlah ayam ras petelur yang telah produksi sebanyak 920 ekor. Dalam sehari bertelur menghasilkan 22 rak telur, dijual di pasar dengan harga Rp 47- Rp 50 ribu rupiah per raknya.

“Estimasinya menghasilkan Rp 1 juta lebih dalam sehari. Program ayam ras petelur berjalan sukses dan akan terus dikembangkan,” ujar Yusuf.

Jika budidaya peternakan ayam ras petelur terus berproduksi dan berkembang, mantan camat Kambowa ini berjanji, akan menambah jumlah bantuan ayam ras petelur dengan dipusatkan di Desa Lelamo.

“Terkait kebutuhan air kita programkan sumur bor. Termaksud pakannya, kita suplai sebagai bentuk dukungan pemerintah bagi peternak,” imbuhnya.

Ia mengaku, terus melakukan berbagai cara untuk menyukseskan berbagai program untuk kesejahteraan petani dan peternak di Butur.

“Dalam waktu dekat ini, saya akan ke Kementerian Pertanian untuk mengurus bantuan sapi sebanyak 200 ekor,” beber Yusuf.

Reporter : Armawan
Editor      : Aso
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...