Konsel Daerah dengan Pemilih Terbanyak di Pileg 2019

1077
 

Kendari, Inilahsultra.com – Dari 17 kabupaten atau kota di Sultra, Kabupaten Konawe Selatan merupakan daerah dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) terbanyak.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra telah melakukan rekapitulasi jumlah DPT di seluruh kabupaten atau kota. Untuk Konsel, total pemilihnya sebanyak 201.610.

- Advertisement -

“Kita paling terbanyak seluruh Sultra. Kita punya 25 kecamatan,” ungkap Anggota KPU Konsel Budiman, Jumat 31 Agustus 2018.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, jumlah desa dan kelurahan di Konsel sebanyak 351. Kemudian, jumlah TPS sebanyak 905 TPS dengan pemilih laki-laki sebanyak 102.481 orang dan perempuan sebanyak 99.129 pemilih. Totalnya, 201.610 pemilih.

Menurut Budi, tiga kecamatan dengan jumlah penduduk terbanyak adalah Tinanggea, Konda dan Ranomeeto.

Ia mengaku, Konsel memiliki pemilih terbanyak karena setiap tahun tercatat ada peningkatan 3 ribu pemilih.

Selain karena adanya pemilih pemula, warga yang pindah kependudukan cukup banyak. Misal, warga dari Kota Kendari lalu kerja di Konsel.

“Kebanyakan mereka memilih kependudukan di Konsel. Setiap tahun kita paling terbanyak (pemilih),” ujar Budi.

Ia mengaku, ada beberapa wilayah di Konsel yang aksesnya sulit untuk ditempuh. Misal, di Pulau Cempedak. Untuk pergi ke daerah ini, harus melewati laut.

Meski demikian, banyaknya DPT ini tidak membuat KPU kesulitan dalam pendataan. Sebab, setiap PPS sudah turun langsung mengecek masyarakat yang berhak masuk DPT dan dikoordinasikan dengan pemerintah setempat.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...