178 Mahasiswa Unidayan KKN-P di Buton

99
Proses penyerahan mahasiswa KKN-P Unidayan, Kamis 13 September 2018.
-Advertise-

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Sebanyak 140 mahasiswa Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) melakukan KKN-P di Kabupaten Buton. Serah terima mahasiswa tersebut dilakukan Wakil Rektor III Unidayan Dr Andri Tendri dan Asisten III Setda Buton Laode Muhidin Mahmud, di Aula Kantor Bupati Buton, Kamis 13 September 2018.

Asisten III Setda Buton Laode Muhidin Mahmud mengatakan, kehadiran mahasiswa semoga membawa dampak positif bagi masyarakat.

-Advertise-

“Kami sampaikan saat ini ada dana desa sekitar Rp 800 juta hingga Rp 1 miliar di desa. Kebanyakan untuk kegiatan fisik dan pemerintah tidak bisa mengintervensi. Melalui kesempatan ini saya harap kepada mahasiswa agar berpikir bagaimana melalui dana desanya dikelola ke usaha ekonomi produktif agar masyarakat di desa bisa bergerak,” katanya.

Selain itu, Muhidin juga meminta agar para mahasiswa bisa menyatu dengan masyarakat di desa dengan berbagai macam karakter. Bila terjadi masalah dengan masyarakat agar dikonsultasikam dengan kepala desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Camat di lokasi KKN-P.

Menurut Muhidin, sumber daya manusia di desa masih minim. Mahasiswa harus bisa memberi pemahaman agar alokasi dana desa (ADD) digulirkan untuk kegiatan ekonomi kecil. Sehingga penentuan pengelolaan dana desa tidak melulu untuk pembangunan fisik.

Wakil Rektor III Unidayan Dr Andi Tendri mengatakan, KKN-P tersebut merupakan bentuk penerapan langsung ilmu yang diperoleh selama kuliah. Kemudian dituangkan langsung kepada masyarakat dengan tiga pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sebelum melakukan KKN-P, kata dia, para mahasiswa juga sudah dilakukan penjaringan secara ketat, termasuk dosen pembimbing yang ada di lapangan.

KKN-P ini berlangsung selama 40 hari. Makanya, dengan waktu yang singkat itu para mahasiswa bisa menciptakan masyarakat mandiri, kreatif dan inovatir sehingga ada kesan positif di masyarakat.

Baca Juga :  La Bakry Apresiasi Terobosan Bhabinkamtibmas dan Babinsa

Doa merinci, dari 178 mahasiswa yang mengikuti KKN-P dibagi pada dua kecamatan. 118 mahasiswa ditempatkan di Kecamatan Lasalimu pada 9 desa dengan dua dosen pembimbing dan 60 mahasiswa di Kecamatan Kapontori dengan satu dosen pembimbing.

178 mahasiswa yang mengikuti KKN-P kali ini berasal dari 15 program studi dan 8 fakultas.

Reporter: Waode Yeni Wahdania

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here