Alasan Desa Mega Bahari Wakili Buton Lomba P2WKSS

110
Ilham Habi Nibo
-Advertise-

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Desa Mega Bahari Kecamatan Lasalimu Selatan ditunjuk mewakili Kabupaten Buton pada lomba P2WKSS tingkat Provinsi. Memaksimalkan perfomance desa tersebut, Pemkab menggelar rapat khusus di Aula Kantor Bupati Buton, Kamis 13 September 2018.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Buton, Ilham Habi Nibo membeber alasan dipilihnya Desa Mega Bahari sebagai wakil Buton dalam ajang lomba P2WKSS.

-Advertise-

Kata dia pemilihan itu merujuk rekomendasi dari TP PKK Buton yang sebelumnya sudah melakukan peninjauan ke Desa Mega Bahari. Desa ini dianggap layak dan mampu mengantar Kabupaten Buton menjuarai Lomba P2WKSS Tingkat Provinsi Sultra

Jelang lomba, Desa Mega Bahari mulai dipoles. Pemkab Buton dibawah koordinasi TP PKK bergegas. Mereka melakukan pembinaan dan berbagai persiapan menghadapi puncak penilaian P2WKSS yang digadang – gadang digelar akhir september mendatang.

“Desa Mega Bahari di pilih sejak januari bahkan untuk persiapan dari pemberdayaan perempuan bekerja sama TP PKK Buton, kecamatan dan PKK desa dibantu camat dan kepala desa. Sejak awal Januari sudah lakukan sosialisasi dan pembinaan menata lingkungan agar lebih bagus. Peranan wanita di desa juga dimaksimalkan,”terang Ilham.

Item-item utama penilaian lomba P2WKSS tak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya. Diantaranya adalah kondisi lingkungan rumah, MCK, bantuan pemerintah ke masyarakat dan peranan wanita.

Keikutsertaan desa berpenghuni 120 KK pada Lomba P2WKSS diharap bisa mendorong partisipasi masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, mendorong pola hidup sehat dan meningkatkan kesejahteraan warga. Termasuk sebagai sarana edukasi meningkatkan wawasan masyarakat setempat.

“Seluruh kepala SKPD camat dan Kades dihadirkan untuk membina rumah binaan. Satu SKPD akan membina dua rumah walaupun dari laporan kades rumah warga sudah di cat secara swadaya tapi SKPD tetap akan membina dengan diberikan saran dan pendapat. Target mudah-mudahan Buton juara 1,” ulas Asisten III Setda Kabupaten Buton Laode Muhidin Mahmud.

Baca Juga :  Modernisasi Lagu Tolaki melalui Band Anoa Island

Reporter: Waode Yeni Wahdaniah
Editor: Din

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here