68 Anggota Polres Buton Ikuti Lat Pra Operasi Mantap Brata 2018

Kapolres Buton AKBP Andi Herman saat memimpin latihan Pra Operasi Mantap Brata, Jumat 14 September 2018 di Aula Endra Dharmalaksana Polres Buton.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Rangkaian tahapan menuju Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) mulai bergulir. Menghadapi dua momen besar pesta demokrasi itu, Kepolisian Resor (Polres) Buton menggelar Latihan Pra Operasi Mantap Brata, Jumat 14 September 2018 di Aula Endra Dharmalaksana Mapolres Buton.

Kegiatan Lat Pra Ops dipimpin Kapolres Buton AKBP Andi Herman SIK dan Kabag Ops, Kompol Daniel diikuti sekitar 68 anggota Polres Buton. Aparat kepolisian ini disiapkan untuk membackup Operasi Mantap Brata 2018 Pengamanan Pilleg dan Pilpres Tahun 2019.

Kapolres Buton, AKBP Andi Herman SIK mengatakan Latihan Pra Operasi ini direncanakan berlangsung selama 4 hari. Kegiatan ini diisi pembekalan dan pelatihan tentang tekhnis dan taktis tugas pengamanan.

“Dengan Lat Pra Ops ini diharapkan para personel Polres Buton sudah siap dalam melaksanakan pengamanan. Baik Pilleg maupun Pilpres tahun 2019,” katanya.

Ketika terjun di lapangan, pada personil diharap bisa meminimalisir kesalahan.

“Tujuan pelatihan ini untuk dijadikan pedoman oleh anggota sehingga dihasilkan keseragaman langkah dalam tekhnik pengamanan sehingga pengamanan berjalan baik,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Kapolres Buton bersama seksi Propam Polres Buton melakukan pemeriksaan kelengkapan personel dalam rangka operasi Penegakkan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut arahan Kadivpropam Polri. Dimana tujuannya adalah agar anggota terhindar dari permasalahan kode etik atau pidana.

“Polisi sebagai panutan ditengah masyarakat, anggota Polri wajib menampilkan contoh dan teladan yang baik. Apabila seluruh anggota Polri sudah bertindak dan berperilaku disiplin sesuai dengan ketentuan , maka pelaksanaan tugas di tengah masyarakat akan dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Pemeriksaan personil mencakup kerapian rambut dan pakaian dinas, kelengkapan atribut, kartu anggota, SIM, STNK dan KTP. Termasuk juga pemeriksaan senjata api bagi personil yang diberi kewenangan menggunakan Senpi.

Reporter: Waode Yeni Wahdania
Editor: Sitti Marlina

Leave a Response