Dispar Baubau Bangun Pusat Jajanan Kuliner di Kawasan Benteng Keraton

340
Pusat jajanan kuliner yang di bangun di kawasan Benteng Keraton Buton.
-Advertise-

Baubau, Inilahsultra.com – Setelah membangun Gazebo di kawasan benteng keraton sebanyak 10 unit dengan anggaran Rp 200 juta, kini Dinas Parawisata (Dispar) Kota Baubau kembali membangun 18 unit pusat jajanan kuliner di Kawasan Benteng Keraton Buton Kelurahan Melai, Kecamatan Murhum Kota Baubau.

Proyek tersebut digunakan untuk lokasi jajanan kuliner dan suvenir para wisatawan yang hendak ingin membawa pulang ole-ole ketika mengunjungi kawasan Benteng terluas di dunia itu.

-Advertise-

Sekretaris Dinas Parawisata Kota Baubau Ibnu Wahid mengatakan, proyek pembangunan pusat jajanan di kawasan benteng keraton bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang digelontorkan ke Dinas Parawisata Baubau.


 
 
 
 
 
 
 
 
 

“Anggarannya itu sekitar Rp 814 juta sebanyak 18 unit bangunan, anggarannya itu dari DAK. Sistim dana DAK atau APBN masuk melalui APBD,” ungkapnya saat di temui di ruang kerjannya pekan lalu.

Kata dia, pembangunan pusat jajanan wisata itu telah lama Dinas Parawisata Kota Baubau. Pasalnya, dalam sektor pariwisata ada tiga hal yang perlu di perhatikan yakni Aksessibilitas, Amenitas, dan Atraksi.

“Kalau untuk kawasan Benteng Keraton Buton kita sudah punya Amenitasnya. Amenitas ini banyaknya pengunjung, namun mereka ini hanya bisa melihat saja batu wolio, batu pelantikan, tidak ada sufenir ketika mau pulang. Mereka hanya berkunjung palingan 15 menit tidak bisa berlama-lama,” jelasnya.

“Maka dari itu dengan adanya lokasi jajanan suvenir ini mereka bisa menikmati jajanan makanan khas Wolio maupun suvenir yang ada. Ini juga membuka ruang untuk pertumbuhan ekonomi yang baru khususnya di wilayah Benteng Keraton Buton,” terangnya.

Lanjut Ibnu Wahid, proyek tersebut dikerjakan oleh CV. Tolima dengan masa waktu 150 hari kalender.

Baca Juga :  Warga Pasarwajo Gelar Ritual Picundupia

“Bangunan tersebut di bangun secara kopel, dengan struktur bangunan semi permanen dengan model bangunan Wolio,” tutupnya.

Reporter: LM Arianto

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here