Kadis Kesehatan Baubau: Virus Rubella Siap Menyerang Kapan Saja

Ilustrasi
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Realisasi imunisasi Measles Rubella (MR) belum sepenuhnya tercapai 100 persen secara nasional. Padahal, target imunisasi vaksin MR itu harus tercapai diakhir September. Belum tercapainya target tersebut terjadi juga di Kota Baubau.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, dr Edy Natsir menuturkan, belum tercapai target karena ada pro kontra terkait kehalalan vaksin MR tersebut.

-Advertisement-

“Cakupan kita masih rendah. Kan target sebesar 49.353 anak, tapi karena terjadi pro kontra sehingga sedikit tersendat dan cakupan kita baru 42 persen,” tuturnya di Kantor Wali Kota Baubau, Kamis 27 September 2018.

Kata dia, waktu yang semakin sempit dari jadwal yakni akhir September, membuat Kementerian Kesehatan menambah waktu pemberian imunisasi MR satu bulan lagi.

“Kalau menghitung hari kan tinggal beberapa hari tapi karena itu terjadi seluruh Indonesia, maka Kementerian Kesehatan menambah satu bulan yakni sampai 31 Oktober 2018,” ujarnya.

Ia mengaku, sejauh ini di Kota Baubau belum ada anak yang terkena virus Rubella. Kendati begitu, bisa saja virus tersebut telah ada disekitar anak-anak dan siap menyerang kapan saja.

“Bisa saja virus itu sudah ada meskipun belum ada yang terkena. Makanya imunisasi ini penting sekali bagi anak cucu kita. Kita tidak ingin seperti kejadian di Lasalimu Selatan, Buton, ada anak yang terkena virus Rubella,” tukasnya.

Edy berharap dengan tambahan waktu selama satu bulan tersebut, pencapaian imunisasi MR bisa sampai 100 persen.

“Mudah-mudahan kita bisa garap dan tuntaskan sesuai target agar anak cucu kita jauh dari virus berbahaya itu,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Facebook Comments