Disnaker Imbau Pengusaha di Baubau Gaji Karyawan Sesuai Standar Upah Minimun

110
Sosialisasi teknik negosiasi antara pengusaha dan pekerja di salah satu hotel di Kota Baubau, Selasa 9 Oktober 2018.
-Advertise-

Baubau, Inilahsultra.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Baubau meminta pimpinan perusahaan memberi gaji tenaga kerja atau karyawan sesuai standar upah minimum.

“Bisa saya bilang paksaan atau imbauan untuk pimpinan perusahaan karena upah minimum itu harus, tidak ada tawar menawar,” tutur Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Jamsostek Disnaker Baubau, Wa Ode Asma usai sosialisasi teknik negosiasi antara pengusaha dan pekerja di salah satu hotel di Kota Baubau, Selasa 9 Oktober 2018.

-Advertise-

Namun, Asma mengaku, pihaknya masih mendapat kendala jika turun dilapangan memastikan gaji pekerja atau karyawan telah sesuai upah minimum atau belum. Pasalnya, para karyawan juga tidak ada yang terbuka, mungkin takut terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Nanti sudah ada yang di PHK, baru terungkap bahwa gaji mereka itu ada yang Rp 500 ribu atau Rp 700 ribu. Padahal standar UMP itu Rp 2.150.000,” tukasnya.

Olehnya itu, lanjut Asma, melalui sosialisasi tersebut, pengusaha atau pimpinan perusahaan dengan pekerja duduk bersama belajar teknik negosiasi agar mencapai mufakat jika terjadi PHK.

“Tapi dalam bernegosiasi, pekerja harus siap mental, juga menyiapkan bahan apa saja yang ingin dinegokan,” lanjutnya.

Diketahui, sosialisasi teknik negosiasi tersebut dihadiri sekira 60 orang yang terdiri dari pengusaha dan pekerja.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Pemkab Mubar Siapkan Bantuan Ratusan Ekor Sapi

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here