Bantuan Buat Korban Bencana Alam di Palu dan Donggala Dikirim 20 Oktober

39
Bantuan bagi korban bencana alam gempa dan tsunami Palu, Sigi, Donggala yang dikumpulkan BPBD Kabupaten Buton.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) terus berdatangan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton. Rencananya bantuan itu akan dikirim pada 20 Oktober 2018 mendatang.

Kepala BPBD Kabupaten Buton Manafu mengatakan, bantuan seberat 20 ton itu bersumber dari masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton. Bantuan itu berupa, beras, air mineral, pakian bekas, dan mie instan.

Proses pengiriman barang itu akan menggunakan kapal milik PT Pelni melalui Pelabuhan Murhum Kota Baubau.

“Total bantuan yang sudah terkumpul sudah mencapai sekitar 15 hingga 20 ton,” kata Manafu, Rabu 10 Oktober 2018.

Dia menyebutkan, mayoritas bantuan yang terkumpul yaitu beras sekitar 8 ton, popok bayi dan dewasa 2000-an pics, mie instan 1000 dos lebih, makanan bayi, dan pembalut wanita.

Sebenarnya, lanjut Manafu, bantuan dikirim menggunakan pesawat Hercules. Namun pesawat itu hanya bisa mengangkut 10 ton dalam sekali penerbangan.

Selain itu, jadwal keberangkatannya yaitu setiap Kamis dan Sabtu. Sehingga alternatif paling tepat menggunakan kapal milik PT Pelni.

“Melalui pesawat Hercules hanya mampu mengangkut 10 ton saja. Sementara di Kendari masih banyak juga bantuan yang menumpuk,” jelasnya.

Selain BPBD Kabupaten Buton, penggalangan bantuan juga dilakukan Polsek Pasarwajo dan Polres Buton. Bantuan yang berhasil dikumpul diserakan ke BPBD Kabupaten Buton.

Reporter: Waode Yeni Wahdania

Silahkan berikan komentar

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here