Dukung Pertanian Organik, Dinas PUPR Butur Tuntaskan Pembangunan Irigasi dan Bendung

376
 

Buranga, Inilahsultra.com-Dinas Pekerjaan Umum dan Pentaan Ruang (PUPR) Kabupaten Buton Utara (Butur) terus berkomitmen mendukung program pertanian organil yang dicanangkan Bupati Abu Hasan dan Wakil Bupati Ramadio.

Dukungan itu diwujudkan dengan prioritas anggaran diporsikan untuk pembangunan sejumlah saluran irigasi.

- Advertisement -

Saluran irigasi itu dibangun di beberapa wilayah pertanian yakni Desa Desa Triwacu-wacu, Desa Lambale, Desa Gunung Sari, dan Desa Lahumoko.

“Sebanyak empat paket peningkatkan jaringan saluran irigasi kembali dibangun di Desa Lahumoko, Triwacu-wacu, Gunung Sari dan Lambale. Pembangunan irigasi ini untuk menyukseskan program pertanian organik,” kata Kadis PUPR Butur, Wawan Wardaya ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin, 15 Oktober 2018.

Wawan mengungkapkan, proses pembangunan empat paket irigasi itu telah usai.

“Proyek pembangunan irigasi telah tuntas dikerja,” ujarnya.

Ia menjelaskan, tujuan dibangunnya jaringan irigasi itu untuk menjamin kebutuhan air sawah dan ladang petani. Selain itu, mampu mengurangi potensi gagal panen akibat kekeringan di saat musim kemarau.

Bukan hanya membangun saluran irigasi, pihaknya juga telah melaksanakan pembangunan bendung yang ditempatkan di Desa Soloy Agung Kecamatan Kulisusu Barat.

“Proyek ini meningkatkan pengairan sawah petani melalui irigasi yang dibangun, dengan biayai sebesar itu merupakan pengerjaan primer bisa dituntaskan,” imbuhnya.

Untuk pembangunan bendung, jelas Wawan ditempatkan pada ketinggian, memanfaatkan satu aliran sungai. Kemudian air yang ditampung disalurkan ke sawah petani.

Dengan adanya peningkatan saluran irigasi itu, Wawan berharap kebutuhan air untuk pertanian tidak akan ada lagi masalah. Sehingga, produktifitas panen padi organik semakin tinggi.

Mantan Kabid Cipta Karya PUPR Butur ini menerangkan, selain pembangunan sejumlah irigasi itu, pihaknya tetap ikut memprioritaskan pembangunan infrastruktur dasar yakni jalan dan jembatan.

Reporter : Armawan

Editor     : Aso

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...