Pemilu 2019 di Kota Baubau, Cek Nama Kamu Disini

840

Baubau, Inilahsultra.com – Jika masih ada masyarakat Baubau yang ragu terkait terdaftar atau tidaknya dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, bisa mengecek namanya ditiga tempat yang disiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Baubau.

Tiga tempat tersebut diantaranya, Kantor kelurahan yang tersebar di Kota Baubau atau pada webaite www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id dan aplikasi google playstore KPU RI Pemilu 2019.

- Advertisement -

“Untuk masyarakat Kota Baubau silahkan cek namanya di tiga tempat itu. Jika namanya belum terdaftar di DPT, silahkan lapor ke PPS agar segera didaftarkan,” tutur Ketua KPU Baubau, Edi Sabara saat sosialisasi Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) di Lippo Plaza Buton Kota Baubau, Rabu 17 Oktober 2018.

Hal ini sangat penting, lanjut Edi, karena merupakan syarat pada hari pencoblosan yang jatuh pada 17 April 2019 mendatang.

“Itu akan ribet jika tidak terdaftar di DPT. Bisa memilih kecuali memiliki KTP elektronik (E-KTP),” lanjutnya.

Terkait sosialisasi GMHP hari ini, tambah Edi, dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Pasalnya, hari dan tanggal hari ini sama dengan hari pencoblosan mendatang yakni Rabu 17 April 2019.

“Enam bulan kemudian, tepatnya Rabu 17 April 2019, kita akan melaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019,” tambahnya.

Edi menjelaskan, untuk menjadi peserta pemilu ini mempunyai proses yang panjang, mulai dari pendaftaran partai politik (Parpol), sampai dengan penetapan Parpol. Begitu pun proses dari pemutakhiran data pemilih sampai penetapan DPT.

“Alhamdulillah, 16 Parpol yang terdaftar di KPU Baubau sama dengan 16 Parpol yang terdaftar di KPU RI,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Roni Muchtar dalam sambutannya meminta kepada masyarakat Baubau agar berpartisipasi dalam pesta demokrasi Pemilu 2019.

“Gunakan hak pilih kalian pada Pemilu 2019 mendatang,” tandas Roni Muchtar.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...