Polsek Kulisusu Belum Laporkan Hasil Operasi Penertiban Kafe ke Pemkab Butur

275
Abu Hasan

Buranga, Inilahsultra.com – Beberapa waktu lalu Bupati Butur Abu Hasan mengeluarkan warning akan menutup tempat hiburan malam (THM) jenis kafe. Namun kini, Abu Hasan mulai menyebut rencana penutupan itu bukanlah rencananya.

“Penutupan kafe itu bukan rencana saya. Itu hasil operasi yustisi yang dilakukan oleh Polsek Kulisusu gabungan dengan Satpol PP,” kata Abu Hasan usai menghadiri sidang paripurna penetapan Rancangan APBD Perubahan 2018 di kantor DPRD Butur, Senin 22 Oktober 2018.

- Advertisement -

Ketua DPC PDIP Butur itu berharap, melalui operasi yustisi, para pemilik kafe mau menutup sendiri usaha yang dilakukan. Apalagi tidak ada landasan hukum bagi kafe untuk beroperasi.

“Harapan kita, dengan operasi (Yustisi) itu, setelah diberikan pemahaman kepada pemilik, kafe itu ditutup. Dan memang tidak memiliki landasan untuk beroperasi,” tandasnya.

“Sebetulnya tinggal operasi (Yustisi) ini. Saya menunggu laporan dari Kapolsek (Kulisusu) apakah itu harus ada surat (perintah penutupan) dari pemerintah daerah atau dari Polsek. Itu yang akan kita tindak lanjuti,” tambahnya.

Mantan Kepala Biro (Karo) Humas Setprov Sultra ini mengaku, laporan secara resmi dari Polsek Kulisusu terkait kafe itu belum ada. Sekalipun secara lisan sudah disampaikan.

“Laporan (Polsek Kulisusu) secara tertulis dan resmi belum ada. Tapi laporan lisan di masjid, sudah disampaikan bahwa sudah melakukan operasi,” terangnya.

Meski belum ada laporan, Abu Hasan tetap bersikeras agar kafe yang beroperasi di Butur harus ditutup. Apalagi kafe yang ada saat ini tidak mengantongi izin.

“(Kalau tdk punya izin) tutup,” tegasnya.

Sebelumnya, Abu Hasan berjanji akan membubarkan kafe dan melakukan penertiban minuman keras (Miras) di Butur.

Warning itu disampaikan Ketua DPC PDIP Butur itu kepada sejumlah wartawan di Kantor Bupati Butur, Rabu 26 September 2018.

Baca Juga :  Usai Lebaran Pemkot Kendari Akan Bongkar Pasar Panjang

“Kami sedang evaluasi. Saya sudah minta sama Kapolsek Kulisusu agar merazia Miras disemua titik. Baik di tempat hiburan maupun diluar tempat hiburan. Kita akan tertibkan bersama-sama dengan Pol PP,” kata Abu Hasan.

Abu Hasan menegaskan, tidak akan mentolerir penjualan Miras tak berizin. Termasuk kafe yang mulai beroperasi secara terselubung.

“Tentu tidak akan kami izinkan untuk menjual karena melanggar ketentuan. Kafe-kafe juga akan dievaluasi. Dan yang tidak mengantongi izin akan dibubarkan. Mereka siap-siap saja. Ini warning keras dari saya,” tegas orang nomor satu di Butur itu.

Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here