2019 Pemkot Kendari Prioritaskan Infrastruktur dan Kesehatan

67
Plt Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir saat diwawancarai usai sosialisasi imunisasi rubella di sekolah-sekolah.
-Advertise-

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari telah menyiapkan program yang akan diprioritaskan pada APBD 2019 mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, sesuai dengan visi misi kota Kendari, kota layak huni berbasis ekologi, teknologi, dan informasi, pihaknya akan lebih dominan mengalokasikan pembangunan infrastruktur dan kesehatan.

-Advertise-

Infrastruktur dimaksud adalah membenahi beberapa aliran air untuk menanggulangi terjadinya banjir di kota Kendari.

“Terkhusus dengan adanya kali-kali besar yang ada di Kota Kendari dengan menimbulkan adanya banjir akan terus kita optimalkan perbaikan untuk menanggulangi banjir,” kata Sulkarnain di Kantor Wali Kota Kendari, Jumat 2 November 2018.

Selain itu, di tahun 2019 pula, akan terus dilakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan, dan saluran air atau drainase.

“Jalan-jalan rusak dalam kota akan tetap kita lakukan perbaikan, termasuk memperbaiki drainase-drainse di beberapa titik yang sering terjadi banjir dengan memperbesar saluran airnya,” katanya.

Kemudian bidang kesehatan, kata Sulkarnain, Pemkot Kendari akan meningkatkan pelayanan dengan membangun tiga gedung puskesmas. Rencananya, akan diresmikan dan difungsikan pada awal 2019 mendatang.

“Mudah-mudahan dengan adanya gedung baru ini pelayanan kita kepada masyarakat bisa lebih maksimal dan memuaskan semua masyarakat Kota Kendari terhadap pelayanan,” katanya.

Pada 2019 nanti, lanjut Sulkarnain, pemkot Kendari akan mengimplementasikan pelayanan informasi dengan pola digitalisasi.

Secara internal puskesmas dan rumah sakit akan mempersiapkan diri agar masyarakat tidak lagi dibebankan dengan kesibukan dengan urusan yang sifatnya administrasi.

“Kalau ada pasien pernah datang untuk berobat atau dirujuk di puskesmas atau di rumah sakit satu kali, jadi nanti datanya itu sudah ada, tinggal dicek saja yang bersangkutan,” katanya.

“Jadi pasien itu tidak perlu lagi daftar berkali-kali bahkan bolak-balik urus kiri kanan, di situ tinggal menelpon sebut nomor KTP nanti basisnya datanya bisa terlihat. Langkah ini dilakukan untuk menjawab keluhan masyarakat terhadap pelayanan puskesams dan rumah sakit,” tambahnya.

Baca Juga :  Mulai 2019, Buang Sampah Sembarangan di Kendari Didenda Rp 500 Ribu

Untuk mempermudah hal itu, pemkot akan diintegrasikan dengan data BPJS Kesehatan sehingga masyarakat tidak perlu urus sana sini.

“Jadi ini akan kita dikonektivitaskan langsung dengan BPJS Kesehatan,” jelasnya.

“Ini yang akan menjadi perhatian kita di tahun 2019 dan mudah-mudahan bisa dijalankan dengan baik, dan untuk program lain akan menyesuaikan nantinya,” tutupnya.

Penulis : Haerun
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here