Pemda Konut dan Pemprov Sultra Teken MoU Bangun Akses Jalan Terisolir Asera-Routa

64
Karo Kerja Sama Pemprov Sultra, Harmin Ramba
-Advertise-

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra sepakat membangun akses jalur transportasi baru di kawasan pelosok Konawe Utara.

Kesepakatan ini tertuang dalam bentuk MoU yang diteken langsung Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Pemkab Konut Senin 6 November 2018

-Advertise-

Karo Kerja Sama Pemprov Sultra, Harmin Ramba mengatakan MoU yang dibangun antara Pemprov Sultra dan kabupaten digawangi Ruksamin adalah menyangkut inisiasi pembangunan jalur jalan Asera-Routa.

Panjang lintasan akses transportasi yang melewati kampung terpencil Lawali itu mencapai 40 kilometer.

“Komitmennya adalah membangun kesepahaman dengan Pemprov terkait rencana membangun jalan Asera-Lawali dan Lawali-Routa. Kurang lebih 40 kilometer,” rinci Harmin.

Akses penghubung dua daerah terpencil Konut tersebut memang sangat terbatas.

“Ada melewati kawasan hutan sehingga mempengaruhi perlu ada kesepahaman mana yang merupakan kewenangan provinsi dan mana kabupaten. Nah ini yang dibuat dalam bentuk MoU. Termasuk langkah-langkah perencanaan,” jelasnya.

“Karena masih itu adalah jalan rintisan belum ada status. Pendanaan bisa dari pihak ketiga atau dari APBD setempat,” lanjut Harmin.

Terpisah, Gubernur Sultra Ali Mazi menyambut positif agenda pembangunan akses jalan baru Routa-Asera. Politikus NasDem ini mengatakan langkah ini sejalan dengan program akselarasi pembangunan yang digagas duet AMAN yang terangkum dalam Program Sultra Emas.

“Ini demi percepatan akses pembangunan jalan dari satu tempat ke tempat lain. Kasian kalau masyarakat terisolir. Tentu kita dukung agar akselarasi jalan disana dibuka. Soal pendanaan apakah sharing atau dipihakketigakan akan dilihat nanti seperti apa,” kata Ali Mazi.

Penulis : Siti Marlina
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Mubar Dapat Jatah Besar Prioritas Kerja Pembangunan AMAN

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here