Hanya 67 Peserta yang Lulus Passing Grade CPNS Kota Kendari

189
Rukmana
-Advertise-

Kendari, Inilahsultra.com – Dari 3.872 calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Kendari yang mengikuti tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD) computer assisted test (CAT), hanya 67 peserta yang dinyatakan lulus untuk masuk pada tes tahap selanjutnya.

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Badan
Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari Rukmana mengatakan, pada pelaksanaan ujian CPNS telah selesai.

-Advertise-

Dimana pada hari pertama terdapat tiga sesi yang lulus itu sebanyak 13 orang, kemudian pada hari kedua sebanyak lima sesi yang lulus sebanyak 31 orang.

Pada hari ketiga terdapat lima sesi yang lulus sebanyak 14 orang, dan yang pada ujian hari terakhir terdapat lima sesi yang lulus hanya 9 orang.

“Yang lulus itu terdiri dari formasi umum, dan tenaga honoror dengan predikat nilai baik dengan jumlah 67 orang,” kata Rukaman melalui telepon selulernya, Selasa 6 November 2018.

Banyaknya peserta yang tidak lulus CPNS ini, kata Rukmana, ini mungkin nilai pasing grade terlalu tinggi, sehingga banyak peserta yang tidak mencapai nilai standar kelulusam yang telah ditetapkan oleh Kemenpan-RB.

Seperti nilai yang telah ditetapkan Kemenpan terhadap tes wawasan kebangsaan (TWK) 75, tes intelegensia umum (TIU) 80, dan tes karateristik pribadi 143.

“Nilai passing grade terlalu tinggi, kami harap ada kebijakan dari pusat untuk menurunkan standar nilai pasing grade ini,” katanya.

Dengan jumlah kelulusan sebanyak 67 orang, kata Rukmana, secara otomatis tidak mencukupi kuota CPNS Kota Kendari sebanyak 207 yang diberikan Menpan-RB.

“Saat ini kita menunggu arahan dari badan kepegawaian negara (BKN) pusat, seperti apa persayaratan yang diberikan untuk mencapai kuota,” katanya.

Lanjut Rukmana, hari ini BKN akan menyerakan hasil ujian yang lulus, setelah diterima akan dilaporkan kepada pimpinan dalam hal Wali Kota Kendari.

Baca Juga :  Jembatan Kuning Palu Rubuh

“Hasil ini kita akan serahkan kepada pak Wali Kota, dan selanjutnya langkah-langkah apa yang dilakukan kepala pembina kepegawaian untuk mencukupi kuota,” jelasnya.

Dirinya berharap, Kemenpan-RB menurunkan nilai passing grade, agar CPNS Kota Kendari dapat memenuhi kuota yang telah ditetapkan.

“Jadi kalau diturunkan nilai passing gradenya, akan kelihatan nilai-nilai peserta yang lulus sesuai dengan data yang masuk di BKN sesuai dengan perengkingan,” harapnya.

Penulis : Haerun
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here