Wawali Baubau: Hindari Calo Saat Rekruitment TKI

50
Wakil Wali Kota Baubau Ahmad Monianse membuka sosialisasi Program Penempatan TKI Keluar Negeri disalah satu gedung di Kota Baubau, Kamis 8 November 2018.
-Advertise-

Baubau, Inilahsultra.com – Wakil Wali Kota (Wawali) Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengingatkan kepada masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk menghindari calo saat perekrutan.

Hal tersebut dituturkan Monianse saat membuka sosialisasi Program Penempatan TKI Keluar Negeri disalah satu gedung di Kota Baubau, Kamis 8 November 2018.

-Advertise-

“Biasanya banyak calo mengatasnamakan lembaga formal, jadi hindari itu. Kita tidak bisa juga melarang masyarakat untuk menjadi TKI karena itu adalah hak mereka sebagai pencari kerja,” tutur Monianse.

Monianse menilai sosialisasi yang diadakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Baubau tersebut dianggap sangat penting. Sosialisasi tersebut sangat berguna bagi TKI ataupun calon TKI agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika berada dinegara orang sebagai pekerja.

“Nanti akan diajarkan bagaimana menghadapi tantangan baru dan menyelesaikan masalah atau langkah apa yang harus diambil jika ada masalah disana. Itulah gunanya pelatihan, dan pelatihan itu hanya didapatkan dari lembaga formal, bukan dari calo yang mengatasnamakan lembaga formal,” ujarnya.

Kata dia, TKI yang ada di luar negeri susah dihentikan karena akan berbicara tentang hak asasi. Olehnya itu pemerintah atau negara selalu hadir dalam meminimalisir adanya TKI ilegal. Biasanya, TKI ilegal itulah yang sering mendapatkan masalah ketika menjadi pekerja di negara lain.

“Jadi sebenarnya, para Lurah atau Kepala Desa (Kades) itu sangat berperan penting dalam meminimalisir TKI ilegal karena mereka itu adalah ujung tombak pemerintah,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Petani Bombana Antusias Sambut Program Upsus

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here