Caleg di Mubar Melamar Jadi Penyelenggara, KPU Langsung Coret

Awaluddin Usa
Bacakan

Laworo, Inilahsultra.com – Menjelang pesta demokrasi Pemilihan Umum 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Barat (Mubar) merekrut kembali penambahan dua anggota PPK.

Penambahan dua PPK ini berdasarakan surat pengumuman KPU Mubar bernomor : 190/pp.05.pu/7413/KPU-kab/XI/2018.

-Advertisement-

Tambahan dua anggota PPK se-Kabupaten Mubar ini merupakan salah satu amar putusan Mahkamah Konstitisi (MK) yang mengharuskan jumlah PPK sebanyak lima orang.

Namun, saat dibuka pendaftaran beberapa waktu lalu, ditemukan ada beberapa calon legislatif (caleg) yang ikut mendaftar. KPU selaku penyelenggara, langsung mencoretnya.

Ketua KPU Mubar Awaluddin Usa mengatakan, berdasarkan hasil verifikasi administrasi calon PPK, ada empat kecamatan yang dinyatakan tidak memenuhi kuota.

“Dikarenakan ada beberapa peserta yang terlibat di partai dan mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif,” katanya.

Berdasarkan data yang diterima dari KPU Mubar, kuota yang kurang adalah di Kecamatan Maginti sebanyak satu orang.

Kekurangan ini akibat dicoretnya salah satu pendaftar yang diketahui adalah Caleg. Nama itu adalah Samsir dari Caleg PKB.

Kecamatan Tiworo Utara juga mengalami kekurangan kuota setelah salah satu caleg bernama Yunus ikut maju caleg.

Dua kecamatan lain yang kekurangan kuota adalah Kecamatan Tiworo Kepulauan dan Kecamatan Barangka.

“Ini berdasarakan hasil verifikasi terhadap caleg-caleg. Kita mendapatkan informasi bahwa ada calon PPK yang menjadi tim partai politik dan yang menjadi caleg,” jelasnya.

Untuk mencukupi kuota itu, KPU berkordinasi dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Mubar agar menyetorkan nama-nama yang kekurangan kuota di empat kecamatan ini.

“Kita akan berkoordinasi dengan PGRI agar bisa memasukkan nama untuk direkrut jadi PPK,” tuturnya.

Mantan wartawan ini menuturkan, pihaknya sudah menjadwalkan seleksi wawancara untuk seluruh PPK di 11 kecamatan.

Pada 19 November 2018, delapan kecamatan yang akan ikut tahapan tes wawancara, yakni Kecamatan Maginti, Tiworo Utara, Tiworo Selatan, Tikep, Tiworo Tengah, Kusambi, Napano Kusambi dan Kecamatan Sawerigadi.

Kemudian sisanya, Kecamatan Lawa, Wadaga dan Barangka akan mengikuti seleksi pada Selasa 20 November 2018.

Penulis : Muh Nur Alim
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments