Maju Calon Wabup, Istri Umar Samiun Mundur dari Caleg dan Anggota DPRD Buton

928
Ketua DPRD Buton Laode Rafiun menandatangani surat penetapan Calon Wabup Buton dalam sidang paripurna, Senin 19 November 2018.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Iis Eliyanti resmi mengundurkan diri dari anggota DPRD Buton. Bahkan istri mantan Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun itu juga mengundurkan diri dari daftar calon anggota legislatif (Caleg).

Pengunduran diri legislator Partai Amanat Nasional (PAN) itu karena yang bersangkutan maju sebagai calon Wakil Bupati Buton.

- Advertisement -

Pengunduran diri itu disampaikan dalam sidang paripurna pemilihan Wakil Bupati Buton yang digelar di DPRD hari ini, Senin 19 November 2018.

Penetapan nama Iis Eliyanti sebagai calon Wabup Buton berdasarkan surat Bupati Buton No 131 atas usulan partai politik pengusung yang diajukan kepada Bupati Buton La Bakry tanggal 13 November dan disetujui 15 November 2018 lalu.

“Iis Eliyanti mundur sebagai anggota DPRD Buton dari PAN dan calon anggota legislatif 2019- 2024,” ujar Sekretaris DPRD Buton Harsila.

Penetapan nama calon no 21/DPRD/XI/2018 memperhatikan surat Bupati Buton no 131 yang menetapkan Iis Eliyanti dan
Rian Siombiwi sebagai calon Wabup Buton.

“Pemilihan ini digelar dengan dua versi ditulis dan dicoblos namun kesepakatan pemilihan digelar dengan cara dicoblos,” ujar Ketua DPRD Buton Laode Rafiun.

Dalam pelaksanaan pemilihan harus memenuhi syarat kuorum yang dihadiri 2/3 anggota dewan untuk menetukan pemenang pemilihan berdasarkan suara terbanyak. Bahkan, Iis Eliyanti masih diberikan hak untuk memilih.

Pelaksanaan pemilihan Wabup Buton akan digelar pukul 13.00 Wita. Pelaksanaan paripurna dihadiri 24 anggota DPRD buton dari 25 anggota DPRD Buton.

Zainudin Musaini anggota DPRD asal Partai Keadilan Sejahera (PKS) yang namanya sempat diusulkan tidak hadir dalam pemilihan tersebut.

Reporter: Waode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...