Pemilihan Wabup Buton, Istri Umar Samiun Kantongi 22 Suara dari Total 25 Anggota Dewan

1040
Anggota DPRD Buton saat menggunakan hak suara pada pemilihan Wabup Buton, Senin 19 November 2018.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Istri mantan Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun, Iis Eliyanti terpilih sebagai Wakil Bupati (Wabup) dalam sidang paripurna pemilihan yang digelar di Gedung DPRD Buton, Senin 19 November 2018.

Iis Eliyanti berhasil mengalahkan saingannya Rian Siombiwi dengan mengantongi 22 suara dari 25 anggota DPRD Buton yang hadir.

- Advertisement -

Sekretaris DPD Partai Demokrat Buton itu hanya mendapatkan 2 suara, sedangkan 1 suara abstain.

Pemilihan Wabup Buton dilakukan dengan cara coblos oleh anggota DPRD Buton. Iis Eliyanti menempati nomor urut 1 dan rian Siombiwi menempati nomor urut 2.

“Yang memilih tercatat 25 orang. Semua anggota DPRD Buton ikut memilih. Hanya tersisa lima kertas suara cadangan,” ujar Ketua Pansel LM Yunus.

Iis Eliyanti akan menjadi Wabup Buton sisa masa jabatan 2017-2022. Dia menggantikan La Bakry yang saat ini menjabat Bupati Buton.

La Bakry menggantikan suami Iis Eliyanti, Samsu Umar Abdul Samiun yang terseret dalam kasus penyuapan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar.

Mantan Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) itu telah divonis bersalah dan dijatuhi hukuman penjara selama 3 tahun 9 bulan.

Reporter: Waode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...