Pelecehan Seksual Dominasi Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Baubau

445
Wa Ode Soraya

Baubau, Inilahsultra.com – Kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Baubau menurun di tahun 2018. Hanya ada sembilan kasus.

Namun, dalam catatan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kota Baubau, kekerasan terhadap perempuan dan anak pada tahun 2017 sangat signifikan.

- Advertisement -

“Tahun lalu itu 40 kasus kekerasan, jadi tinggi sekali. Kalau tahun ini, baru sembilan kasus,” tutur Kepala Dinas P3A Kota Baubau, Wa Ode Soraya di Kantor Wali Kota Baubau, Kamis 22 November 2018.

Kata dia, kekerasan yang terjadi terhadap perempuan dan anak itu beragam. Ada kekerasan fisik dan ada juga pelecehan. Namun kekerasan yang paling mendominasi adalah pelecehan seksual.

“Bermacam-macam (kekerasan), tapi kebanyakan itu pelecehan. Waktu itu contohnya ada dua bersaudara yang dilecehkan bapak kandungnya,” ujarnya.

Mengatasi kekerasan terhadap perempuan dan anak agar tidak terjadi lagi, Dinas P3A Kota Baubau menyiapkan beberapa langkah yakni melakukan upaya pencegahan pada pernikahan usia dini.

“Itu untuk menghindari dan mengurangi kekerasan setelah pernikahan. Kami juga sudah mempunyai psikolog sebanyak dua orang,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...