Rajiun Resmikan Penyebrangan Feri Tondasi-Sikeli-Bira

876
Bupati Mubar (baju hitam) saat akan meresmikan pengoperasian kapal feri Tondasi-Sikeli-Bira
Bacakan

Laworo, Inilahsultra.com – Bupati Muna Barat (Mubar), La Ode M Rajiun Tumada meresmikan pelayaran perdana kapal feri KMP Bontoharu di Pelabuhan Tondasi Kecamatan Tiworo Utara Mubar, Jumat 23 November 2018.

-Advertisements-

Peresmian ini juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Mubar Achmad Lamany, Wakil Bupati Muna Malik Ditu dan perwakilan ASDP.

Selain itu, turut hadir perwakilan Dishub Sultra, pimpinan Forkopimda Muna, Butur dan Mubar, kepala SKPD lingkup Pemda Mubar, camat dan tokoh masyarakat Mubar.

-Advertisements-

Dalam sambutannya, Rajiun mengatakan, angkutan penyeberangan feri Tondasi-Sikeli-Bira ini pernah beroperasi sejak 2007 sampai 2010.

Namun kapal roro ini berhenti karena terjadi kerusakan infrastruktur jalan dari Raha ke Tondasi yang berjarak sekitar 45 kilometer.

Selain itu, berhentinya pengoperasian kapal roro imi disebabkan kerusakan dermaga.

“Alhamdulillah, berkat perjuangan keras kami, saat itu masih menjadi Pj Bupati Mubar, sehingga pelabuhan penyeberangan Tondasi-Sikeli-Bira hari ini bisa dioperasikan kembali,” ungkap Rajiun, Jumat 23 November 2018.

Rajiun menjelaskan perjalanan penyeberangan ini kembali beroperasi. Ia mengaku, telah berkomunikasi dengan Menteri Perhubungan.

Selain mengusulkan peresmian Bandara Sugimanuru, ia juga meminta agar Pelabuhan Tondasi untuk direhabilitasi.

Setelah dari Kemenhub, ia juga menemui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat agar jalan poros Raha-Tondasi ditingkatkan statusnya dari jalan provinsi menjadi jalan nasional.

Berkat pertimbangan Pelabuhan Tondasi yang menjadi jalur akses lintas provinsi dan kota, kementerian langsung menyetujui.

“Alhamndulillah, dengan upaya itu, Menhub memberikan respon positif,” ujarnya.

Ia berharap, diresmikannya kapal penyeberangan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, baik di Mubar, Munq, Buton Tengah dan Bombana.

“Dengan diaktifkan kembali Pelabuhan Tondasi ini, dapat menumbuhkan aktivitas ekonomi di Mubar secara signifikan terutama masyarakat di sekitaran Desa Tondasi,” jelasnya.

Rajiun menuturkan, Pemda Mubar akan terus berinovasi menciptakan akses dan mendorong peluang bisnis dan investasi. Karena, di Mubar ini banyak potensi ekonomi, mulai dari perikanan, pertanian, peternakan dan lainnya.

“Kita optimis, sekarang Pemda Mubar lagi giat-giatnya melakukan percepatan pembangunan pada semua sektor, semua ini hanya untuk mengejar ketertinggalan dan untuk memajukan daerah demi kesejahteraan masyarakat Mubar,” pungkasnya.

Penulis : Muh Nur Alim
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...