APBD Buton 2019 Fokus Benahi Infrastruktur

Laode Dzilfar Djafar
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Prioritas APBD Buton tahun 2019 masih tetap pada pembangunan infrastruktur. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton mengalokasikan anggaran sebanyak 25 persen untuk infrastruktur.

Sekda Buton Laode Dzilfar Djafar mengatakan, kebijakan belanja dan penggunaan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) ditetapkan 25 persen untuk belanja infrastruktur, 20 persen untuk pendidikan, 10 persen untuk kesehatan, 10 persen untuk alokasi dana desa dan kebutuhan lainnya.

-Advertisement-

“Anggaran pemerintah daerah masih bertumpu pada dana transfer dari pusat. Untuk PAD (Pendapatan Asli Daerah) pada tahun 2018 ini hanya sekitar Rp 18 miliar,” ujarnya, Rabu 28 November 2018.

Atas kondisi itu, lanjut Dzilfar, maka berdasarkan rancangan awal kebijakan umum APBD, mampu mendapatkan pendapatan lebih besar dari Rp 800 miliar. Namun kenyataannya hanya mampu mendapatkan Rp 750 miliar lebih sesuai struktur anggaran pada kebijakan umum APBD.

Menurut Dzilfar, belanja sektoral ditujukan pada upaya untuk menjawab prioritas daerah. Hal itu meliputi peningkatan infrastruktur daerah, peningkatan kualitas sumber daya manusia bidang pendidikan dan bidang kesehatan. Utamanya penanganan stunting yang merupakan kebijakan nasional serta peningkatan peran perempuan dalam pembangunan.

Disamping itu, tambah Dzilfar, anggaran daerah juga diarahkan untuk peningkatan pelayanan publik melalui perbaikan fasilitas pelayanan serta kesiapan dalam menyukseskan agenda nasional pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan anggota legislatif.

Dzilfar menjelaskan, upaya meningkatkan pendapatan daerah, pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan pendapatan melalui kebijakan tambahan penyertaan modal pada Bank Sultra. Tambahan tersebut diharap akan meningkatkan pendapatan daerah sebesar Rp 10 miliar atau lebih.

“Keuntungan dari Bank Sultra berupa deviden. Dengan deviden tersebut diharapkan dapat menyelesaikan agenda-agenda yang belum terjawab setiap tahun,” tuturnya.

Reporter: Waode Yeni Wahdania

Facebook Comments