Tidak Ada Bantuan Pemda, BLUD Kota Kendari Tidak Jalan

56
Kantor BLUD kota Kendari tampak lengang.
-Advertise-

Kendari, Inilahsultra.com – Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Kota Kendari yang bergerak di bidang penyaluran bantuan permodalan untuk usaha kecil dan menengah (UMKM), tidak lagi mendapat bantuan dana dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari. Akibatnya, lembaga ini tidak berjalan untuk beberapa tahun.

Divisi Pembinaan dan Pengembangan Usaha BLUD Kota Kendari Askin menjelaskan, BLUD itu mendapat bantuan dari pemerintah Kota Kendari mulai dari 2008, 2009 dan 2010 melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

-Advertise-

Pada 2008, anggaran yang dikucurkan dari APBD Kota Kendari sebesar Rp 1,5 miliar.

Jumlahnya mengalami penurunan drastis pada 2009. BLUD hanya mendapatkan Rp 750 juta. Di tahun 2010, alokasi kembali menurun menjadi Rp 500 juta.

“Terakhir kita dapat bantuan dari Pemda pada tahun 2010, dan mulai 2011 sampai sekarang tidak ada lagi bantuan dari Pemda yang membuat permodalan untuk UMKM tidak berjalan,” katanya.

Alasan pemerintah kota Kendari tidak lagi menyalurkan bantuan ke BLUD, kata Askin, karena masih banyak nasabah yang belum menyelesaian dana pinjaman.

“Kita lakukan dulu penagihan kepada nasabah, tapi kita mau paksakan kasian juga kepada mereka ina-ina, kita sampaikan tapi mereka bilang belum ada,” kata Askin di Kantor BLUD Kota Kendari, Senin 3 Desember 2018.

Lanjut Askin, nasabah yang belum mengembalikan dana pinjaman untuk modal usaha di BLUD itu sekitar 2 ribu orang.

“Standar yang mereka pinjam itu Rp 500 ribu dan paling tinggi Rp 3 juta, tapi kita tidak tega ketika ina-ina bilang belum ada modal untuk mengembalikan itu,” katanya.

Masih kata Askin, dirinya tidak tahu jika ada bantuan dari APBD Kota Kendari untuk 2011 sampai saat ini.

Baca Juga :  Camat Kapontori Berharap Dana Desa Dikelola Melalui BUMDes

“Saya tidak tahu apakah diporsikan atau tidak, kalau diporsikan kami tidak tahu disalurkan dimana dan siapa yang menerima. Selama saya bekerja di BLUD ini sampai sekarang terakhir itu ada bantuan tahun 2010 dari pemda melalui APBD,” tutupnya.

Penulis : Haerun
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here