Kawal Pemilu 2019, jaDI Sultra Akan Deklarasi di Kendari

398
Pose bersama pengurus jaDI Sultra. (Foto Istimewa)

Kendari, Inilahsultra.com – Untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan Pemilu 2019, Jaringan Demokrasi Indonesia (jaDI ) Sultra akan mendeklarasikan diri dalam beberapa pekan ke depan di Kendari.

Ketua Presidium JaDI Sultra Hidayatullah mengaku, jaDI Sultra merupakan salah satu lembaga pegiat demokrasi yang bertujuan mengawal dan memantau jalannya Pemilu 2019.

- Advertisement -

“Malam ini baru kita lakukan konsolidasi bersama rekan-rekan yang purna KPU dan Panwas untuk membahas segala persiapannya,” kata Hidayatullah, Sabtu 15 Desember 2018.

Ia menyebut, mayoritas tokoh yang tergabung dalam lembaga ini adalah mantan penyelenggara pemilu.

“Pembahasan pelaksanaan deklarasi jaDI ini merupakan pengukuhan dan pengumuman eksistensi jaDI, dimana alumni atau purnabakti penyelenggara KPU dan Bawaslu/Panwaslu di Sultra sebagai bagian dari tanggung jawab terhadap negara. Kami beritikad menyukseskan penyelenggara pemilu dalam melakukan kegiatan edukatif untuk mendukung dan mengawal pelaksanaan demokrasi termasuk Pemilu 2019 di Sultra,” katanya.

Ia menyebut, jaDI ini dideklarasikan di Jakarta pada 14 Agustus 2018 lalu yang diinisiasi oleh purna KPU RI dan Bawaslu RI lalu dihadiri oleh purna KPU provinsi dan Bawaslu provinsi serta bahkan dihadiri oleh beberapa purna KPU/panwas tingkat kabupaten atau kota.

“JaDI telah memiliki anggaran dasar (AD) dan sementara penyempurnaan ART-nya. JaDI bergerak pada wilayah advokasi dan edukasi serta mendiskusikan isu-isu yang luas menyangkut kebangsaan,” bebernya.

Sebagai sebuah perkumpulan, jaDI ini memiliki tujuan antara lain memperkuat pelembagaan demokrasi. Mengupayakan tercapainya keadilan sosial, ekonomi, gender dan perlindungan anak. Mendukung sistem integritas untuk pemerintahan yang bersih. Mendorong tata kelola pemerintahan yang baik dan melindungi hak asasi manusia dan pelestarian lingkungan.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...