Distribusi Air Bersih Gratis Kepada MBR Terus Disalurkan

Ali Hasan
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau dibawah pemerintahan Wali Kota AS Tamrin terus memberikan pelayanan terbaik khususnya memenuhi kebutuhan air bersih bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Sepanjang tahun 2018 ini, Pemkot Baubau sukses mendistribusikan 1.730 Sambungan Rumah (SR) kepada masyarakat yang tersebar di Kota Baubau secara gratis.

-Advertisement-

Plt Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Baubau, Ali Hasan menuturkan, bantuan program SR merupakan hibah dari Kementerian PUPR senilai Rp 4,5 miliar sukses direalisasikan.

“Sukses terlaksana karena Kementerian PUPR mengatakan tidak ada masalah saat melakukan verifikasi,” tutur Ali Hasan, Jumat 14 Desember 2018.

Kata dia, 1.730 SR tersebut tersebar di 23 kelurahan. Pemasangannya difokuskan pada daerah yang mempunyai debit air besar seperti Sorawolio, Kalia-lia, Kolese, Lowu-lowu, Liwuto dan beberapa wilayah lainnya.

Dinilai sukses merealisasikan 1.730 SR, Pemkot Baubau akan menerima lagi bantuan program dari Kementerian PUPR pada tahun 2019 mendatang sebesar 2.000 SR.

“Tahun depan kita dapat lagi. Malahan lebih banyak dari tahun ini yaitu 2.000 unit SR,” ujar Ali Hasan.

Kabag Ekonomi Sekretariat Daerah Kota Baubau itu memastikan 2.000 SR yang akan direalisasikan tahun depan itu tidak akan mempengaruhi debit air yang ada.

“Kita fokuskan pada daerah yang memiliki persediaan air yang melimpah seperti di zona III yakni Kecamatan Kokalukuna, Bungi dan Lea-lea,” pungkasnya.

Ali Hasan menambahkan, dengan adanya bantuan SR tahun depan itu maka Kota Baubau sudah tiga kali berturut-turut mendapatkan bantuan tersebut. Dimana, pada tahun 2017 kemarin, Pemkot Baubau menerima bantuan sebanyak 289 SR. Sedangkan tahun ini sebanyak 1.730 SR dan tahun depan sebanyak 2.000 SR. (ADV)

Tiap Tahun Warga Terima Pemasangan Listrik Gratis

Yulia Widiarti

Baubau, Inilahsultra.com – Warga Kota Baubau patut berbangga memiliki pemimpin seperti AS Tamrin. Bagaimana tidak, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau dibawah pemerintahannya terus memberikan servis terbaik buat warganya.

Terbukti, Pemkot Baubau bukan hanya memberikan hunian yang layak bagi warga melalui program bedah rumah ataupun program sanitasi dan air limbah untuk membuat Baubau menjadi Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), tetapi memberikan juga bantuan pemasangan listrik gratis.

Bantuan pemasangan listrik gratis tersebut diperuntukkan bagi warga yang rumahnya belum dialiri listrik. Sama seperti bedah rumah dan sanitasi air limbah, bantuan listrik gratis ini berjalan setiap tahun.

Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Baubau, Yulia Widiarti menuturkan, ada 160 rumah diseluruh kelurahan di Kota Baubau yang menerima bantuan listrik gratis sepanjang tahun 2018 ini.

Sebenarnya, tahun sebelumnya Pemkot Baubau itu memenuhi kebutuhan listrik warganya sebanyak 400 rumah pemasangan gratis. Tetapi karena keterbatasan anggaran, yang mendapat bantuan tahun ini hanya 160 rumah.

“Bantuan ini sementara berjalan. Saat ini sedang pemasangan meteran oleh PLN. Jadi yang dipasang itu yang 900 watt dengan anggaran Rp 2,5 juta per rumah,” tutur Yulia.

Yulia menambahkan, Kota Baubau masih memiliki sekira 1000 rumah lebih yang belum dialiri listrik. Adapun daerah yang mendominasi adalah di daerah pinggiran Kota Baubau.

“Tahun lalu kita sudah tangani 400 rumah dan tahun ini 160 rumah. Mungkin tahun depan porsi yang mendapatkan bantuan lebih banyak biar cepat tuntas hingga semua warga Kota Baubau menggunakan listrik sebagai penerangan,” tandasnya. (ADV)

Facebook Comments