Kotak Suara Kardus, KPU Kota Kendari Jamin Suara Rakyat Dilindungi

293
KPU Kota Kendari menggelar ngopi bareng bersama jurnalis terkait perkembangan tahapan Pemilu 2019.

Kendari, Inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari memastikan, suara rakyat yang disalurkan pada Pemilu 2019 nanti dijamin aman.

Sebelumnya, banyak pihak meragukan kualitas kotak suara yang terbuat dari kardus. Sebab, bisa saja ada pihak yang berbuat curang dan mengubah perolehan suara.

- Advertisement -

Bagi KPU, kotak suara itu tidak hanya berkandungan kardus. Tetapi, kotak suara itu merupakan karton kedap air yang komposisinya juga terdapat jenis kayu.

Dengan adanya komposisi itu, membuat kekuatan kotak suara ini berbeda dengan kardus pada umumnya.

Kotak suara ini bisa menahan beban hingga 70 kilogram dan ketika disiram air di sisinya tidak menyerap sampai di dalam.

“Spesifikasi kotak suara ini juga telah diuji dan disepakati bersama DPR RI dan pemerintah. Jadi ini bukan semata-mata hasil keputusan KPU,” kata Ketua KPU Kota Kendari Jumwal Shaleh dalam acara ngopi bareng bersama jurnalis beberapa waktu lalu.

Ia menyebut, kotak suara dari karton kedap air ini juga pernah digunakan pada Pilwali Kota Kendari beberapa waktu lalu.

Jumwal mengaku, penggunaan kotak suara dari karton kedap air ini bertujuan untuk efisiensi anggaran negara yang tujuannya sekali pakai.

Bisa dibayangkan, kata dia, menggunakan kotak suara dari aluminium. Selain biaya perawatan yang cukup tinggi, hampir semua KPU kabupaten atau kota tidak memiliki gudang penyimpanan.

“Maka pastinya akan menyewa gudang dan biayanya tidak sedikit. Gudang disewa selama lima tahun karena pemilihan saat ini digelar serentak dan bersamaan selama lima tahun sekali,” jelasnya.

Menurut Jumwal, sudah tak ada lagi peluang untuk melakukan kecurangan pada saat pemilihan nanti.

Hasil perolehan suara ditulis langsung di C1 plano yang bisa diakses oleh semua pihak, baik difoto maupun direkam menggunakan video.

“Di TPS itu ada panwas. Ada saksi peserta pemilu. Ada juga masyarakat yang menyaksikan langsung. Pemilu saat ini berlangsung terbuka dan demokratis,” jelasnya.

Selain dipampang di lembar C1 plano, hasil pemilihan kemudian ditulis dalam formilir C1 berhologram.

Formulir ini kemudian ikut dipegang oleh saksi dan panwas usai ditandatangani.

Sementara itu, Sekretaris KPU Kota Kendari Wasil Sida mengaku, pengadaan logistik KPU saat ini berlangsung terbuka dengan sistem e-katalog.

Ia juga menyebut, surat suara berikut formulir lainnya, tidak asal disimpan dalam kotak saat didistribusikan.

“Semua surat suara dan formulir disimpan dalam kantong plastik. Kotak suara ini dikunci dan disegel,” jelasnya.

Salah satu jaminan bila kotak suara aman adalah segelnya. Bila segel dirusak tanpa prosedural maka itu dapat diduga terjadi pelanggaran.

“Segel ini jaminan. Jika segel rusak, berarti rusak juga hasil pemilihan,” ujarnya.

Namun demikian, kata dia, segala potensi kecurangan ini telah diidentifikasi dan diantisipasi oleh KPU bersama Bawaslu dan aparat keamanan.

“Kita awasi sama-sama pesta demokrasi ini. Karena mahkoga pemilihan ada di situ (kotak suara). Untuk itu mari bersama amankan suara rakyat,” tuturnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...