Lantik 34 Kades, Bupati Koltim Ingatkan Perbaikan Pengelolaan Anggaran

130
Bupati Koltim Tony Herbiansyah saat melantik 34 Kades, Senin 7 Januari 2019.

Koltim, Inilahsultra.com – Bupati Kolaka Timur (Koltim) Tony Herbiansyah melantik dan mengambil sumpah 34 kepala desa (Kades) di Aula Kantor Bupati Koltim, Senin 7 Januari 2019. Para Kades yang dilantik merupakan hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2018 lalu.

34 Kades yang dilantik berasal dari 11 kecamatan untuk masa bakti 2019-2025.

- Advertisement -

Tony berharap, semua Kades yang baru saja dilantik agar menjalankan tugas dan fungsi masing-masing dengan baik.

Orang nomor satu di Koltim itu juga mengucapkan terimakasih kepada Pj Kades yang telah melaksanakan tugas pemerintahan, perencanaan pembangunan dan pelayanan publik, sekaligus memfasilitasi pelaksanaan Pilkades sehingga berjalan sesuai dengan tahapan dan aturan. Meskipun beberapa pihak tidak puas atas hasil Pilkades namun itu hal yang wajar dalam berdemokrasi.

“Selanjutnya kepada Kades yang baru dilantik saya ucapkan selamat menjalankan tugas dengan baik terutama pengelolaan keuangan dan tata kelola pemerintahan desa benar-benar mengacu pada aturan yang berlaku. Ucapan terimakasih yang tinggi kami ucapkan kepada Kapolres dan Dandim Kolaka, dengan kerja kerasnya Pilkades berjalan aman, damai dan terkendali serta tidak mengalami hambatan,” ucap Tony dalam siaran pers yang disampaikan Dinas Konunikasi dan Informatika (Diskominfo) Koltim.

Tony menegaskan, Kades yang dilantik telah diberikan tanggung jawab dan amanah dari rakyat. Sehingga para Kades harus menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Didalam adminstrator pemerintahan, telah diatur. Makanya jangan sekali-kali menyimpang apa yang telah ditetapkan secara berjenjang. Begitu juga dengan pelaksanaan pembangunan, kita ketahui bahwa dana desa dan alokasi dana desa dari pemerintah pusat cukup memberikan peluang kepada kades untuk membangun desanya,” tegas Tony.

Atas dasar itu, Tony meminta agar para Kades menguasai peraturan perundang-undangan. Pasalnya, pengelolaan keuangan sudah diatur sedemikian rupa sehingga sedikitpun tidak ada celah untuk dilakukan penyimpangan.

Baca Juga :  Ishak Ismail Klaim Sudah Transfer Rp 4 M ke Tony Herbiansyah

“Kalau ada penyimpangan itu tanggung jawab secara pribadi,” cetusnya.

Bukan hanya itu, Tony juga berpesan agar Kades yang dilantik tidak semena-mena melakukan pergantian aparaturnya. Pergantian harus didasari prosedur yang berlaku.

“Untuk itu Inspektorat dan BPMD untuk melakukan pembinaan dan pengawasan. Kades dipilih oleh rakyat, ada pro dan kontra. Ketika sudah menjadi Kades devinitif, harus merangkul semua baik kawan maupun lawan untuk menciptakan susanan kondusif,” tambah Ketua DPW Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sultra itu.

Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here