Mahasisiwa Unusra Gelar Festival Warung Desain Arsitektur

223
-Advertise-

Kendari, Inilahsultra.com – Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara (Unusra) Program Studi Arsitektur menyelenggarakan festival warung desain arsitektur dengan tema kearifan lokal Sulawesi Tenggara, berupa rumah adat, tarian tradisional dan musik tradisional.

Rumah adat Muna, Buton, Moronene, Tolaki dan Kabaena ini dipamerkan di Lippo Plaza Kendari, Jumat 11 Januari 2019.

-Advertise-

Kegiatan ini dibuka resmi oleh wakil Rektor 1 Unusra Wahyudin Madil.

“Saya sangat mengapresiasi kreaktivitas mahasiwa teknik khususnya mahasiswa Program Studi Arsitektur semoga kegiatan ini dan semangat adik-adik mahasiwa untuk berkreativitas tidak sampai di sini tapi saya harap ada kegiatan-kegiatan selanjutnya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Arsitektur Fitriani Rahmawati Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara mengaku bangga terhadap kereaktivitas mahasiswa.

“Terima kasih telah mensukseskan kegiatan ini saya harap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar,” harapnya.

Ketua BEM Fakultas Teknik Universitas Nahdlatul Ulama Toti mengatakan, kegiatan ini mengangkat tema kearifan lokal Sultra.

Ia menyebut, masyarakat Sultra sudah banyak yang lupa dengan arsitektur lokal dalam membangun sebuah bangunan atau rumah.

“Seharusnya kita sebagai masyarakat Sulawesi Tenggara punya peran penting untuk mengakat arsitektur tradisional ini agar menjadi ciri khas dari daerah Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Ia menyebut, adanya arsitektur bangunan tradisional ini, bisa menarik simpatisan wisatawan karna Sulawesi Tenggara kaya akan budaya dan kearifan lokal.

“Harapanya dengan adanya kegiatan ini yang mengakat tema kearifan lokal bisa memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa betapa pentingnya arsitektur lokal sebagai ciri khas daerah Sulawesi Tenggara dan bisa mengangkat kembali arsitektur lokal yang sudah mulai terkikis agar arsitektur tradisional bisa menjadi tuan di wilayah sendiri,” jelasnya.

Hal senada disampaiakan Ketua Himpunan Mahasiswa Arsitektur Unusra Husnul Rijal Anwar menyebut,

Baca Juga :  SDN 2 Batalaiworu Wakili Sultra Lomba Sekolah Sehat, Kepsek Ingin Perhatian Diknas Sultra

Sementara itu, ketua panitia kegiatan festival warung desain arsitektur, Aditya Permana Putra mengatakan, kegiatan ini adalah kegiatan kedua yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur Unusra.

“Selain pameran rumah adat, musik tradisional, baju adat tradisional, ada juga lomba mewarnai dan menggambar tingkat TK yang akan diselenggarakan 12 Januari 2019,” pungkasnya.

Reporter : Dhandy

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here