Ali Mazi Lantik Bupati-Wabup Kolaka dan Istri Umar Samiun sebagai Wabup Buton

807
Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka, Ahmad Safei dan Muh. Jayadin serta Wakil Bupati Buton Iis Eliyanti Umar Samiun di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Selasa 15 Januari 2018.

Kendari, Inilahsultra.com – Gubernur Sultra Ali Mazi melantik Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Ahmad Sjafei dan Muh Jayadin, Selasa 15 Januari 2018 di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra.

Selain melantik pasangan yang menang di Pilkada Kolaka 2018 itu, Ali Mazi juga mengambil sumpah jabatan Wakil Bupati Buton Iis Eliyanti.

- Advertisement -

Pelantikan Bupati Ahmad Sjafei berdasarkan SK Mendagri nomor 131.74-8407 Tahun 2018 tentang pengangkatan Bupati Kolaka Ahmad Sjafei.

Sementara SK Mendagri nomor 132.74-8408 tahun 2018 tentang pengangkatan Wakil Bupati Kolaka Muh Jayadin.

Sedangkan pelantikan Lis Eliyanti tertuang dalam SK Mendagri 132.74- 8827 tahun 2018, tentang pengangkatan Wakil Bupati Buton Iis Eliyanti.

Lis Eliyanti merupakan istri mantan Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun yang kini diterungku di Sukamiskin karena terbukti menyuap hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar.

Sebelumnya, Samsu Umar Abdul Samiun menjadi Bupati Buton berpasangan dengan La Bakry.

Namun, di tengah jalan penyelenggaraan Pilkada, Umar Samiun ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena terbukti terlibat suap kepada Akil dalam pengurusan Pilkada Buton 2011 silam.

Meski Umar diangkut KPK, dan La Bakry berjuang sendiri, tidak membuat pasangan ini tumbang. Sebab, lawan pasangan Umar Bakri ini hanya “kotak kosong” belaka.

Setelah pilkada tuntas, Mendagri mengagendakan pelantikan pasangan Umar Bakri di Kemendagri.

Umar Samiun sempat keluar dari tahanan untuk dilantik sebagai Bupati Buton periode kedua. Setelah itu, Umar kembali dijebloskan dalam jeruji.

Di tengah perjalanan dan status hukum inkrah Umar, La Bakry akhirnya dilantik sebagai Bupati Buton defenitif.

Namun, dalam aturan, bupati membutuhkan wakil sebagai pendamping mengurus daerah.

Atas dasar itu lah, partai pengusung Umar Bakri mengusulkan istri Umar Lis Eliyanti ke DPRD sebagai calon Wakil Bupati Buton.

Melalui voting, Lis memperoleh 22 suara dari 25 anggota DPRD Buton. Ia unggul atas pesaingnya usulan Partai Demokrat.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...