DPRD Kota Kendari Tetap Tidak Setuju Penertiban Eks Pasar Panjang

257

Kendari, Inilahsultra.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari tetap tidak akan menyetujui tindakan yang dilakukan Pemerintah Kota Kendari untuk menertibkan eks Pasar Panjang.

Ketua DPRD Kota Kendari Syamsuddin Rahim mengatakan, seharusnya
pemerintah bisa melihat wilayah-wilayah atau tempat yang akan ditertibkan. Sebab, di eks Pasar Panjang masyarakat menjual di atas lahannya mereka sendiri dan tidak menganggu ketertiban umum.

- Advertisement -

Menurutnya, Pasar Panjang ini bukan lah persoalan serius dan tidak perlu dibesar-besarkan.

Jika ada yang melakukan transaksi jual beli di pinggir atau di bahu jalan, dan menganggu ketertiban umum, maka harus dihentikan.

                       

Tapi kalau di lahan sendiri itu perlu dikaji ulang aturannya.

“Jadi masyarakat yang sudah menjual di halaman sendiri jangan digusur, sebaiknya diatur kembali apakah mereka harus bikin SITU dan SIUP berikan kesempatan pada masyarakat,” kata Samsuddin Rahim saat ditemui di kantornya, Senin 21 Januari 2019

“Kami tidak setuju yang menjual di lahan sendiri dilakukan penertiban oleh pemerintah. Ini kan bisa diatur kembali mana bagusnya,” tambahnya.

Sekretaris PAN Kota Kendari itu menjelaskan, Pemkot mendesak penertiban eks Pasar Panjang dilakukan secepatnya. Namun, mendapat perlawanan dari masyarakat sehingga tidak jadi dilakukan.

Menurut dia, DPRD bukannya tidak mendukung pemerintah dalam menertibkan eks Pasar Panjang, tetapi DPRD inginnya agar dilihat kembali aturan-aturan yang berlaku kalau memberatkan masyarakat bisa dilakukan revisi atau perbaikan.

“Makanya Pemerintah, DPRD dan masyarakat harus duduk kembali untuk melihat secara jernih kira-kira apa yang menjadi persepsi kesepakatan bersama agar tidak menjadi persoalan di lapangan,” jelasnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...
     
Baca Juga :  Tempo Institute dan Bekraf Latih Komunitas Ekonomi Kreatif di Kendari