PT Virtue Dragon Nikel Industri Bangun Jalan di Konawe

Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Perusahaan smelter PT Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI) akhirnya merealisasikan komitmen bersama masyarakat Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, khususnya yang berada di Kecamatan Morosi.

VDNI membangunkan jalan berbahan beton di Morosi dengan panjang 8 kilometer. Jalan tersebut menyambungkan 8 desa yang berada di lingkaran perusahaan. Jalan beton dibangun ini juga dibangun menggunakan anggaran Corporate Social Responsibility (CSR).

-Advertisement-

Deputy Branch Manager PT VDNI, Nanung Achmad Chairillah Wijdan, pembangunan jalan tersebut merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.

Kemudian, perusahaan juga sebelumnya sudah berjanji akan membenahi jalan yang rusak di Morosi.

“Ini merupakan kegiatan awal dari perusahaan untuk masyarakat. Kedepannya akan dibangun lagi jalan beton, untuk menyasar desa-desa di kecamatan morosi yang belum tersentuh oleh perusahaan,” kata Nanung.

Ia menyebut, selain infrastruktur jalan yang sementara dibangun oleh perusahaan, pihaknya juga sementara melakukan perekrutan tenaga kerja lokal. Lebih dari itu, sebelumnya juga ada pemberian air bersih untuk masyarakat berkebutuhan di empat desa.

“Ini semua sudah kami lakukan sedikit demi sedikit. Ke depannya akan ada lagi kegiatan-kegaiatn positif yang semuanya diberikan untuk masyarakat,” jelasnya.

Dalam pembangunan jalan ini, baru sekitar 2 kilometer yang sementara dikerja. Sumber anggaran yang digunakan membangun jalan ini kata Nanung, semuanya berasal dari produksi perusahaan.

Sementara itu Camat Morosi, Suryana Saranani SSos mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik komitmen perusahaan. Ia juga mengatakan bahwa VDNI merupakan perusahaan yang bisa membuktikan komitmen dengan warga.

“Pembangunan infrastruktur memang sangat dibutuhkan. Apalagi kondisi Morosi khususnya jalan sampai saat ini kurang memadai,” katanya.

Namun demikian, bukan berarti pemerintah setempat tidak ingin juga membangun jalan. Untuk jalan di Kecamatan Morosi kata dia, sudah diajukan ke pemerintah kabupaten. Namun proses pembangunannya belum sampai di Morosi dan baru beberapa kecamatan yang turut merasakan itu.

“Tetap pemerintah juga akan membangunkan jalan. Sudah ada kegiatan kerjanya namun baru beberapa kecamatan,” katanya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments