Pemkot Kendari Luncurkan Aplikasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Online

178
Wali Kota Kendari dalam peluncuran aplikasi pelayanan di puskesmas dan rumah sakit

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota Kendari meluncurkan aplikasi Sikad Generik, pelayanan yang terintegrasi pada sistem informasi berbasis online di bidang kesehatan.

Saat ini Dinas Kesehatan Kota Kendari sedang melaksanakan pelatihan seluruh operator atau admin yang akan bekerja di setiap Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, di salah satu hotel di Kendari, Senin 28 Januari 2019.

- Advertisement -

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dalam sambutannya, semua operator diharap bisa memahami dan menjalankan sistim online dengan baik.

Dengan adanya pelayanan secara online, maka dipastikan tidak ada warga untuk keliling di seluruh rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan.

“Semoga dengan sistem ini masyarakat akan terbantu, agar tidak repot lagi membawa berkas dan persyaratan lainnya, karena rumah sakit dan puskesmas yang akan dituju sudah menyiapkan segala persiapan pelayanan yang sudah tersedia dalam aplikasi,” kata Sulkarnain Kadir.

Pelayanan sistim online ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan visi misi Pemkot Kendari berbasis teknologi.

“Semoga kendala-kendala teknis yang selama ini yang kita khawatirkan bisa diatasi dalam pelatihan yang diselenggarakan saat ini,” jelasnya.

Ia menjelaskan, qpabila masyarakat hendak berobat di puskesmas dan di rumah sakit, maka tinggal mengecek di aplikasi, mana puskesmas dan rumah sakit yang kamarnya tersedia.

“Insya-Allah apliaksi ini akan kita dilaksanakan Februari 2019 mendatang,” jelasnya.

Program ini, lanjut dia, untuk menjawab keluhan masyarakat. Pemkot Kendari akan terus mengupayakan pelayanan dengan sistem digitalisasi agar lebih memudahkan, kepastian pelayanan dan jangkauan biaya secara efektif.

“Dengan aplikasi ini, semoga keluhan-keluhan masyarakat terkait pelayanan rumah sakit maupun di puskesmas tidak ada lagi,” tutupnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari Rahminingrum mengatakan, aplikasi ini akan lebih meningkatkan akurasi pelayanan di bidang kesehatan di puskesmas dan rumah sakit.

Baca Juga :  BPJS Kendari Belum Punya Uang Bayar Tunggakan di RSUP Bahteramas

Aplikasi ini juga memudahkan pelaporan evaluasi penggunaan obat serta catatan kesehatan dari pihak puskesmas dan rumah sakit.

“Pasien dari puskesmas rujukan non-spesialistis atau ahli bisa langsung dirujuk ke rumah sakit sesuai diagnosa tinggal dikonfirmasi dalam aplikasi apakah tersedia atau tidak,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here