Caleg NasDem yang Meninggal Tak Dapat Diganti

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Moethalib
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Calon anggota legislatif (caleg) Partai NasDem Wakatobi yang meninggal dunia tidak bisa diganti dalam daftar calon tetap (DCT).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, La Ode Abdul Natsir Moethalib mengaku, caleg yang meninggal dunia perlakukannya akan sama dengan caleg yang mengundurkan diri atau bermasalah hukum yang mendapat putusan inkrah.

-Advertisement-

“Pada akhirnya dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai calon,” jelas Natsir, Rabu 30 Januari 2019.

Terhadap hal ini, KPU akan melakukan perubahan keputusan tentang DCT dengan menyatakan di dalamnya bahwa calon tersebut telah meninggal dunia.

“Kita koordinasi dengan peserta. Walaupun kita sudah dengar (meninggal), tapi kita harus ikuti administrasi dan klarifikasi kepada partainya,” katanya.

Natsir melanjutkan, setelah tidak memenuhi syarat lalu namanya sudah masuk dalam pencetakan surat suara, maka akan terbit surat dari KPU kabupaten untuk disampaikan ke PPS bahwa yang bersangkutan tidak memenuhi syarat.

Lantas bagaimana jika caleg TMS ini dicoblos pada saat pemilihan nanti?

Pria yang akrab disapa Ojo ini menjelaskan, suara pemilih yang diperoleh caleg dimaksud akan menjadi milik partai.

Ia menyebut, dalam surat suara nanti, tertera nomor urut, tanda gambar dan daftar caleg.

Jika tanda gambar partai atau nomor urut yang dicoblos, maka akan menjadi suara partai. Nah, jika nama caleg yang dicoblos, maka itu menjadi suara caleg sendiri.

Seluruh perolehan suara baik caleg dan partai akan diakumulasikan menjadi suara partai.

Bila nantinya, secara akumulasi suara partai dan caleg memperoleh kursi di daerah pemilihan tersebut, maka yang akan menduduki kursi adalah caleg dengan perolehan suara terbanyak.

Jika yang memperoleh suara terbanyak adalah caleg yang dinyatakan TMS, maka caleg dengan perolehan suara selanjutnya yang mendapatkan kursi.

“Yang dapat kursi ini partai dan yang duduki kursi adalah caleg dengan suara terbanyak,” pungkasnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments