Dewan Minta Pansel Sekda Sultra Terbuka terhadap Masukan Publik

156

Kendari, Inilahsultra.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra mengingatkan kepada panitia seleksi (pansel) Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra terbuka atas masukan publik.

Anggota Komisi I DPRD Sultra Tumaruddin mengaku, dengan membukanya keran informasi dari publik akan memudahkan kerja pansel dalam menelisik rekam jejak calon Sekda Sultra.

- Advertisement -

“Kita berharap pansel bekerja dan membuka ruang bagi partisipasi publik termasuk track record calon sekda ini,” kata Tumaruddin, Rabu 6 Februari 2019.

Menurutnya, jabatan Sekda ini penting dan merupakan patron atau jenderal bagi seluruh ASN di Sultra.

Jika sekdanya memiliki rekam jejak yang baik, maka bisa menjadi teladan bagi ASN di bawahnya.

“Mereka akan dampingi gubernur dalam mengelola birokrasi. Kita harapkan pansel membuka ruang kepada publik,” katanya.

Penelusuran rekam jejak calon sekda sedari awal ini, kata Tumaruddin, sangat penting agar perjalanan seleksi tidak mubazir.

Maksudnya, jangan sampai sekda sudah terpilih, belakangan boroknya terungkap.

“Jangan sampai proses sudah berjalan baru sudah ada informasi masuk. Sebelum masuk akhir seleksi, sudah ada refiew terhadap calon sekda ini,” jelasnya.

Menelisik rekam jejak, sebut politikus PKS ini, bisa berupa isu miring yang beredar, termasuk soal isu wanita idaman lain (WIL).

“Saya kira calon pejabat harus meluruskan ini dan terbebas dari isu miring. Ini harus diselesaikan lebih awal kalau ada bukti silakan dibuka saja. Jangan belakangan dibuka. Ini bisa merusak sistem pemerintahan nantinya,” jelasnya.

Ia juga berharap, keempat calon sekda bersaing secara sehat dan tidak saling menjatuhkan. Biarkan pansel dan publik bekerja untuk mencari tahu rekam jejak mereka.

“Siapa diantara yang terbaik nantinya diharapkan bisa bekerja maksimal menkhodai ASN di Sultra,” pungkasnya.

Baca Juga :  Pemuda Asal Muna Jadi Ketua TKN Jokowi-Maruf di Malaysia

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here