Perekrutan PPPK Kota Kendari Belum Jelas

251
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari sampai saat ini belum ada kejelasan dalam melakukan perekrutan untuk penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

-Advertisements-

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu kejelasan sumber pembiayaan PPPK. Apakah akan dibiayai oleh pemerintah pusat atau pemerintah daerah.

“Saya memastikan dulu apakah ini akan didanai dari pusat, sehingga tidak membebani daerah karena kalau kita lihat kemampuan daerah kita ini masih sulit untuk membiaya itu,” kata Sulkarnain Kadir di salah satu hotel di Kendari, Kamis 7 Februari 2019.

Ia mengaku, sudah menerima surat Pemerintah Pusat berikut dengan petunjuk-petunjuk teknisnya.

Namun, terhadap hal ini, ia masih mau memastikan kembali dan akan mengutus Sekda melakukan kordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) pada 12 Februari nanti.

“Nanti ada kesepakatan baru ada penerimaan karena kita tidak ingin tiba-tiba nanti ada kebijakan pusat dibebankan ke pemerintah daerah,” katanya.

Apabila nantinya Pemerintah Pusat tetap mengintruksikan pengangkatan PPPK dan sumber pembiayaan Pemda, Sulkarnain belum bisa memastikan sikapnya.

“Makanya kita lihat dulu kemampuan daerah dan saat ini sementara dihitung seberapa kuat nanti dibiayai, yang jelas
kita ingin pastikan dulu,” jelasnya.

Orang nomor satu di Kota Kendari itu menjelaskan, Kota Kendari memang membutuhkan tenaga pegawai, tapi harus dipertimbangkan dengan kemampuan daerah.

Jangan sampai mengangkat PPPK dan terjadi kenaikan gaji, bisa berdampak pada kuantitas pembangunan di daerah.

“Kita misalnya angkat dan gaji semua naik, tapi sudah habis uang untuk membangun. Jadi kita baku lihat-lihat saja masuk kantor mulai pagi sampai sore karena sudah tidak ada pekerjaan dan habis anggaran,” jelasnya.

Untuk itu, ia berharap ada jawaban dari pusat yang pasti agar para pencari kerja tidak ragu.

“Mudah-mudahan pemerintah pusat memberikan kebijakan dengan membiayai langsung PPPK ini,” harapnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...