Antisipasi Bencana Alam, Kapolda Sultra Cek Kesiapan Anggotanya

308
Kapolda Sultra saat mengecek personel terkait kesiapsiagaan bencana

Kendari, Inilahsultra.com – Antisipasi bencana alam di wilayah Sulawesi Tenggara, Polda Sultra melaksanakan apel kesiapsiagaan menghadapi dampak bencana tahun 2019, dalam rangka rencana kontinjensi Aman Nusa Dua (II).

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto memimpin langsung apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam, bertempat di lapangan upacara Mako Polda Sultra, Kamis 14 Februari 2019.

- Advertisement -

“Terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel yang telah menunjukan kesiapsiagaan, melalui apel kesiapan bila terjadi bencana alam. Sejak dini melalui deteksi aksi kegiatan preentif, preventif, serta sinergitas dengan seluruh stakeholder terkait,” ucap Iriyanto dalam sambutannya.

Jenderal bintang satu ini menjelaskan, bila bencana alam terjadi, dampaknya dapat diantisipasi maupun diatasi dengan baik. Bencana alam bersifat kontijensi yang waktunya tidak dapat diketahui, bencana alam juga mampu menimbulkan kerugian baik harta benda, cidera fisik, psikologi serta ancaman kehilangan nyawa bagi korbannya.

Oleh karena itu, kesiapsiagaan menghadapi bencana mutlak dibutuhkan. Sebab, pada hakekatnya penanganan bencana alam merupakan tugas pemerintah, bersama stakeholder terkait, baik Polri, TNI, Basarnas, BPBD serta komponen lainnya.

“Keterlibatan masyarakat juga tidak boleh diabaikan, khususnya dalam antisipasi bencana dan mitigasi alam. Persiapan masyarakat yang siap menghadapi bencana merupakan tanggung jawab dan prioritas,” tuturnya.

Ia melanjutkan, kesiapsigaan personel, peralatan dan koordinasi masing-masing stakeholder terkait penanggulangan bencana sangat diperlukan.

“Sehingga dalam praktek di lapangan yang sebenarnya tidak terjadi kendala dalam penanganan bencana,” ujarnya.

Melalui apel kesiapsigaan, Kapolda berharap, keterpaduan kerjasama masing-masing pihak terkait dan segenap komponen masyarakat dapat dijalankan dengan baik.

“Didukung oleh kesiapsiagaan personel dan peralatan agar mampu dan siap menghadapi segala kemungkinan terjadinya bencana alam, sesuai dengan tujuan yang tercantum dalam rencana kontijensi aman Nusa II 2019 di wilayah hukum Polda Sultra,” imbuhnya.

Kapolda menuturkan, seluruh jajarannya harus siap jika sewaktu-waktu bencana terjadi.

“Tingkatkan kerjasama dengan instansi terkait, dalam penanggulangan bencana yang terjadi. Selalu siapsiaga sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan siap untuk dikerahkan baik dalam wilayah sendiri maupun wilayah lainnya,” tegasnya.

Penulis : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...