Warga Akan Laporkan PLN Wuawua Kendari ke Ombudsman

484
 

Kendari, Inilahsultra.com – Polusi udara kebisingan yang timbul dari mesin PLN Wuawua Area Kendari telah menganggu ketentraman hidup masyarakat di Lorong Pemuda
Kelurahan Wuawua, Kecamatan Wuawua, Kota Kendari.

Hal ini kerap dikeluhkan oleh warga sejak tahun 2013. Namun, sampai saat ini belum juga ada langkah dari pihak PLN menyelesaikan keluhan warga untuk meredam suara mesin yang begitu nyaring.

- Advertisement -

Untuk itu warga akan didampingi langsung oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kendari dalam waktu dekat akan melaporkan PLN Wuawua di Ombudsman Republik Indonsia Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) terkait kebisingan suara mesin ini.

Direktur LBH Kendari Anselmus AR Masiku mengatakan, dirinya sudah mendapat penjelasan dari sejumlah warga yang tinggal di samping PLN Wuawua terkait adanya radiasi mesin yang begitu keras.

Kata dia, warga sudah beberapa kali mengeluh di PLN tapi pihak PLN hanya menjanjikan untuk menurunkan suara mesin baru didatangkan sebanyak 8 mesin.

Warga, lanjut dia, bingung mau mengadu kemana lagi dengan gangguan mesin tersebut. Pasalnya, perusahaan negara itu hanya bermodal janji.

“Kita akan melaporkan dulu hal ini kepada Ombudsman, supaya Ombudsman bisa membantu dan memfasilitasi warga dengan pihak PLN untuk menyelesaikan permasalah yang saat ini dihadapi,” kata Direktur LBH Kendari Anselmus AR Masiku, Sabtu 16 Februari 2019.

Anselmus menilai, PLN telah berbuat sewenang-wenang terhadap warga yang hanya memperjuangkan haknya. Terlebih, PLN menggunakan polisi untuk menghalau protes warga.

“Ombudsman sebagai penyelenggara negara, kami anggap bisa melindungi warga menginginkan haknya dan bisa membantu warga menciptakan dan mengembangkan kondisi yang kondusif di masyarakat secara optimal dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi,” jelasnya.

Selain akan melapor di Ombusman RI Perwakilan Sultra, LBH Kendari juga akan melaporkan PLN Wuawua di Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Kita coba juga akan lapor di BUMN bagian pengawasan terhadap perusahaan-perusahaan negara suapaya mereka turun lihat langsung kejadian di lapangan,” tutupnya.

Penulis : Haerun
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Komentar
loading...