Pemkab Koltim Gelar STQH

130
Pembukaan STQH tingkat Kabupaten Koltim, Sabtu 16 Februari 2019.

Koltim, Inilahsultra.com – Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) I Tingkat Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) resmi dibuka, Sabtu malam 16 Februari 2019. STQH ini berlangsung hingga Selasa 19 Februari mendatang.

Acara yang berlangsung di Aula Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim ini, dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Eko Santoso Budiarto MSi dan dihadiri seluruh pimpinan OPD, camat, pimpinan DPRD Koltim, Kemenag Koltim dan ratusan masyarakat Koltim.

- Advertisement -

Meski berlangsung ditengah guyuran hujan deras diuar arena, acara tersebut tetap berlangsung meriah tanpa mengurangi antusiasme masyarakat untuk menyaksikan.

Dalam kegiatan tersebut Pemkab Koltim mengusung tema “Alquran dan hadits sebagai pedoman bermasyarakat untuk Kabupaten Kolaka Timur yang harmonis dan damai sebagai daerah agrobisnis yang berdaya saing”.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Koltim, Eko mengatakan, STQH merupakan aktivitas keagamaan yang sangat akrab bagi masyarakat Indonesia khususnya umat Islam yang dilaksanakan mulai dari tingakat kecamatan, kabupaten, provinsi, nasional dan internasional.

Karena MTQ ataupun STQH tidak dapat dipisahkan dari program nasional secara keseluruhan, utamanya dalam aspek kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkaitan dengan penguatan iman dan taqwa.

Menurut Eko, STQH merupakan salah satu ajang dalam mewujudkan pembangunan spiritual terlebih lagi daerah yang butuh kualitas SDM yang jauh lebih baik agar pembangunan yang dilaksanakan dapat lebih terarah, dinamis, stabil, terkendali dan berkesinambungan.

“Dan dengan pelaksanaan STQH ini minat masyarakat Koltim untuk senantiasa mencintai kitap suci Alquran, berusaha mendalami, menghayati dan melaksanakan kandungannya, agar terbentuk karakter Islam yang sesuai dengan nilai-nilai alqur’an yakni insan yang berkualitas,” kata Eko melalui siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Koltim.

‘‘Melalui STQH ini, mari kita berusaha untuk memperkokoh keutuhan persaudaraan serta membina satu kesatuan. Insyaallah dengan semangat kebersamaan kita bangun daerah yang kita cintai ini sebagai daerah perjuangan religius dan berbudaya,” pinta Eko.

Baca Juga :  Akibat Cuaca Buruk, Kapal Tongkang Tabrak Tugboat di Buton

Selain itu, tambah Eko, ajang ini akan melahirkan wakil Koltim pada ajang STQH Tingkat Provinsi Sultra di Kendari pada Maret mendatang.

Sementara itu, Ketua Panitia STQH I, Ir H Anzarullah MSi dalam laporannya, menyampaikan, peserta dalam kegiatan itu terdiri dari 12 kecamatan dengan empat cabang dilombakan.

Masing-masing, Tilawah Alquran tingkat dewasa dan anak anak, cabang Ifzil Alquran,Tafsil Alquran Bahasa Arab dan hafalan hadits.

Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here