Puluhan Atlet SKO Sultra Alami Osteoporosis

179
Atlet yang melakukan tes kepadatan tulang di KONI Sultra, Jumat 15 Februari 2019.
-Advertise-

Kendari, Inilahsultra.com – Puluhan atlet Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan pelaku olahraga, melakukan cek kepadatan tulang di KONI Sultra, Jumat 15 Februari 2019. Hasilnya membuat kaget. Mayoritas pelaku olahraga mengalami gejala Osteoporosis setelah diuji dengan menggunakan mesin.

Dari 35 peserta tes, sebanyak 26 orang mengalami gejala Osteoporosis dan bahkan sudah sampai pada tahap Osteoporosis. Sisanya, memiliki kondisi tulang normal.

-Advertise-

Gejala Osteoporosis ini, disebut Osteoponosis. Yakni, sebuah kondisi penurunan kepadatan tulang yang bisa dialami oleh usia muda maupun tua.

Kondisi ini, dialami seseorang karena pola konsumsi makanan yang tidak teratur. Penyebab utama lainnya, karena seseorang kurang mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang.

“Kurang olahraga rutin dan merokok juga menjadi penyebab bagi mereka yang sudah berusia diatas 30 tahun,” ujar Adi, staf PT Konimex yang melakukan uji kepadatan tulang.

Sebelumnya, sejumlah siswa di SKO Sultra mengaku mendapatkan asupan nutrisi yang kurang. Bahkan, beberapa diantaranya sempat protes namun tak ditanggapi pihak sekolah.

“Mereka kekurangan makanan sehat. Sempat mau demo, tapi kami larang,” ujar salah satu guru di SKO Sultra.

Sekretaris Umum KONI Sultra, Erycson Ludji mengatakan tes kepadatan tulang yang dilakukan di KONI Sultra untuk menambah pengetahuan atlet dan pelaku olahraga tentang kondisi tubuh mereka. Sehingga, ketika ada masalah bisa diselesaikan dan diberikan solusi sejak dini.

“Tulang menjadi bagian tubuh paling penting. Sebab, tulang menjadi alat pendukung utama seseorang atlet berprestasi. Makanya, KONI berusaha peduli dengan melakukan jemput bola membantu para atlet dan pelaku olahraga,” ujar Erycson Ludji.

Soal banyaknya atlet yang mengalami Osteoponosis, Erycson enggan menanggapi. Namun, dengan kondisi ini sejumlah pihak terkait diharapkan bisa segera mencari solusi terbaik.

Baca Juga :  Dituding Cabuli Siswinya, Kepala SKO: Saya Hanya Lap-kan Keringatnya!

Reporter: Ahmad Akbar
Editor: Din

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here